SHARE

Macet di jalan? Suntuk? Stress? Cobalah cara doa berikut. Wah….mengada-ada, stress disuruh doa. Mustahil. Coba saja. Siapa tahu berhasil.

 

Ini adalah cara berdoa Santo Yohanes Commacus. Ia dikenal sebagai tokoh yang berhasil membawa masuk berpuluh-puluh rahib ke dalam doa dengan caranya yang sederhana ini.

 

Ambilah salah satu rumus doa, misalnya Bapa Kami. Ucapkan dengan penuh perhatian, perlahan-lahan, menyadari benar-benar kata yang diucapkan dan kepada siapa kata-kata itu ditujukan.

 

Jika pikiran anda mulai mengembara, tidak fokus, kemana-mana, kembalilah ke kalimat saat pikiran anda mulai mengembara tadi. Misalnya anda masuk ke kalimat “ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami.”Ucapkanlah kata itu terus menerus sampai anda merasa mengucapkannya dengan penuh perhatian.

 

Tidaklah penting apakah pada waktu anda mengucapkan doa itu perasaan anda tersentuh atau tidak. Yang penting anda mengucapkannya dengan penuh perhatian. Rasa berbakti akan muncul kemudian.

 

Sumber: Anthony de Mello, SJ, “Hidup di Hadirat Allah”

Photo credit: www.jakartafocus.com

Print Friendly

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY