Lukisan Dinding Rasul Paulus Ditemukan

By on July 4, 2011 | 1,517 views
fresco

[media-credit name="telegraph" align="alignleft" width="300"][/media-credit]NAPLES, SESAWI.NET – FRESKO atau lukisan dinding yang dibuat sedikit timbul dari Santo Paulus dan diyakini berusia lebih dari 1.400 tahun ditemukan di sebuah katakombe kuno Roma di Kota Pelabuhan Naples, Italia selatan.

Fresko ini ditemukan selama proses restorasi berlangsung di Katakombe San Gennaro (Santo Januarius) oleh para ahli dari Pontifical Commission of Sacred Art.

Seperti dikutip Telegraph, pengumuman temuan ini berlangsung pada Pesta Santo Petrus dan Paulus. Secara detail, temuan ini dapat dilihat dan dibaca pada Surat Kabar resmi Vatikan, L’Osservatore Romano.

Sebuah foto yang dirilis oleh Vatikan menunjukkan wajah Sang Rasul, dengan leher yang tampak panjang, corak warna merah muda, rambut tipis, jenggot dan mata yang lebar.

Menteri Kebudayaan Vatikan Kardinal Gianfranco Ravasi, seperti dikutip L’Osservatore Romano menyatakan “Gambar Santo Paulus memiliki ekspresi yang intens, filosofis dan temuan ini memperkaya kita atas gambaran tentang Rasul Agung selama ini.”

Figur Rasul Paulus ini menggunakan jubah putih lebar dengan huruf ‘I’ pada hem yang bisa jadi berarti Iesus (Latin untuk kata Jesus) dan menunjukkan bahwa rasul ini sedang mendatangi mayat manusia.

Tahun lalu, fresko Santo Paulus yang lain juga pernah ditemukan di katakombe lain di Roma. Ditandai dengan abad ke-4 SM dan diyakini merupakan gambaran paling tua dari Rasul Paulus.

Source: Telegraph

Print Friendly

avatar

About GAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>