Penampakan Bunda Maria di La Vang, Vietnam

By on October 31, 2011 | 3,097 views
Lavang 1

BANYAK orang yang belum mengenal Bunda Maria La Vang, Vietnam, bahkan mendengar kata Vietnam pun ingatan orang langsung melayang ke zona perang. Padahal banyak hal menarik di Vietnam, mulai dari tempat wisata Halong Bay yang terkenal dan merupakan warisan budaya yang dilindungi UNESCO, makanan Vietnam yang enak-enak. Tak kalah penting, tingginya nilai rupiah di Vietnam yang harganya hampir dua kali lipat. Belum lagi kalau harus menyebut pho –bakmi khas Vietnam– lumpia khas Vietnam dan juga kerajinan dari kulit telur Lacquer maupun sutera yang baik dan murah.

 

La Vang terletak di Propinsi QuangTri, Vietnam. Di sana ada Basilika Our Lady of La Vang, tempat suci umat Katolik untuk peringatan penampakan Bunda Maria tahun 1798.  Banyak yang belum mengenal tempat ini, meskipun ini adalah pusat ziarah umat Katolik Vietnam.

Bersama tourhemat.com Juli tahun 2008, saya sempat mengunjungi La Vang, mengikuti misa dengan bahasa Vietnam. Satu pengalaman menarik waktu itu adalah misa harian dipenuhi umat termasuk muda-mudi Vietnam, dan setelah misa mereka masih berkumpul menyanyikan lagu-lagu pujian Maria di depan gereja, mengelilingi patung Bunda Maria yang cantik menggunakan ao dai ( baju tradisional Vietnam).

Pengalaman menarik dengan mengunjungi katedral-katedral di Vietnam yang banyak dipengaruhi arsitektur bergaya Eropa, khususnya Perancis, dan ternyata banyak martir dari Vietnam yang terjadi karena pendudukan Komunis.

Cerita yang sangat menyentuh ketika tour leader kami dari Jakarta Andre menceritakan betapa Uskup Vietnam sangat menderita dipenjara dan tetap berusaha merayakan ekaristi dengan perlengkapan yang ada, bahkan hosti pun harus diselundupkan secara hati-hati.

Pengalaman iman menyentuh, disertai wisata alam yang indah dan belanja murah serta makan enak, komplit bersama tourhemat.com. Lagi-lagi keunikan yang ditawarkan oleh tourhemat.com adalah ziarah dengan cara yang berbeda, mengunjungi tempat-tempat luar biasa yang tidak umum dengan biaya murah namun memberikan manfaat luar biasa banyak, terutama mengenal budaya daerah setempat dengan mengikuti dan mengalami misa dengan penuh syukur.

Print Friendly

avatar

About Greeny Dewayanti

Greeny Dewayant, karyawan swasta di Jakarta dan salah satu anggota peserta kelompok wisata rohani www.tourhemat.com.

2 Comments

  1. avatar

    Angel Vivi

    December 11, 2012 at 09:15

    Dear,
    Bapak/Ibu kelompok wisata rohani. Apa kabar? Kapan akan diadakan tour ziarah lagi ke Vietnam? Klo waktu n biayanya cocok, Angel mau ikutan…. Btw, apakah Angel dapat menitip dibelikan patung Bunda Maria La Vang – Vietnam? Angel koleksi Patung Bunda dari berbagai negara dan daerah. Thanks be4 n GBU

    • avatar

      admin

      December 11, 2012 at 09:38

      Halo mbak, saya bukan dari tour wisata rohani melainkan suka jalan-jalan sendiri mengunjungi sacred places. mohon sy dikasih email mbak ke japri mhariyadi@sesawi.net agar kalau ada rombongan wisata rohani ke sana, bisa sy beri infonya. TK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>