Karawang, Lokasi Bandara Internasional 2018?

By on November 17, 2011 | 1,300 views
BANDARA MATI LAMPU

INDONESIA makin kokoh di bidang transportasi udara. Dalam beberapa tahun ke depan,  Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah pasti takkan bisa menampung lagi jumlah penumpang yang kian membludak. Menurut analisis Kemenhub, Bandara Soetta hanya bisa bertahan hingga 2004-2005 karena jumlah penumpangnya yang membludak tidak bisa lagi diakomodasi dengan fasilitas pelayanan.

Harus ada terobosan baru agar layanan transportasi udara dari Jabodetabek ke segala penjuru Indonesia dan kawasan internasional tetap bisa dilakukan. Pilihannya hanya satu: membangun kawasan bandara baru. Untuk hajatan super jumbo ini, Kemenhub sudah ambil ancang-ancang serius yakni mencari kawasan yang paling dianggap cocok sebagai calon bandara udara internasional baru.

Konon, Karawang menjadi opsi menarik yang dilirik oleh Kemenhub. Menurut Wakil Menhub Bambang Susantono, keputusan mencari lahan baru untuk bandara diambil karena Bandara Internasional Soetta pasti takkan mampu lagi setelah tahun 2018. Di Karawang –meski tidak menyebutkan persis lokasinya—Bambang hanya memberi sinyal: ada tiga lokasi yang dilirik sebagai calon lokasi bandara baru.

Studi kelayakan kini sedang digelar. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan, areal kawasan bandara baru di Karawang itu akan jauh lebih luas dibanding Bandara Soetta. Kalau semuanya oke, proses pembangunan akan dimulai tahun 2013 dan diharapkan tahun 2018 sudah bisa beroperasi.

Sumber: VIVAnews

 

Print Friendly
avatar

About Mathias Hariyadi

@MHSesawiNet http://mytitch.blogspot.com; http://kbkkindonesia.com mhariyadi@sesawi.net mhariyadi@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>