Jumlah Anggota SJ Provinsi Indonesia Terbanyak Se-Asia Pasifik

1
4,782 views

Sesuatu yang menggembirakan sekaligus tantangan karena Ordo Serikat Yesus Provinsi Indonesia memiliki anggota yang kebanyakan adalah orang muda.

“Memang kami memiliki kelompok orang muda yang cukup besar. Ini adalah problem yang mengembirakan,” jelas Provinsial Serikat Yesus Pastor R.B Riyo Mursanto SJ dalam suratnya yang ditujukan kepada para sahabat Provinsi SJ Indonesia, 15 Desember 2011 di Jakarta.

Dari 353 orang anggota Provindo (Provinsi Indonesia), 32 orang berusia lebih dari 70 tahun. Dari jumlah ini 11 orang berusia lebih dari 80 tahun. Yang berusia 59 – 69 tahun sebanyak 53 orang. Jumlah yang paling banyak usia antara 37 sampai dengan 58 tahun, yakni 147 orang. Dan sebanyak 108 orang berusia 36 tahun ke bawah.

“Kami masih memiliki 24 bruder, 90 frater dan lebih dari 230 orang imam,” jelas Romo Riyo.

Asisten Pater Jenderal untuk wilayah Asia Pasifik Romo Danny Huang SJ saat kunjungannya ke Indonesia pada 7-17 November 2011 lalu menyatakan bahwa Provinsi SJ Indonesia merupakan provinsi yang memiliki anggota terbanyak di wilayah Asia Pasifik dengan jumlah orang muda yang terbilang tidak sedikit.

“Orang-orang muda ini harus disiapkan dengan sungguh untuk menyongsong masa depan karya-karya yang bermmacam. Sementara tantangan yang nyata adalah bagaimana mempertahankan kelestarian karya-karya dari segi mengisi orang-orangnya yang membiayai hidup lembaganya,” tegas Romo Riyo.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here