Inilah Cara Berdoa yang Benar

By on February 28, 2012 | 1,727 views
Prayer

MUTIARA IMAN
Selasa, 28 Feb 2012

LECTIO:
Yes.55:10-11
Mzm.34:4-5,6-7,16,17,18-19
Mat.6:7-15

MEDITATIO:
Dalam mengajar para muridNya, Yesus mempertegas pengalaman dan pemahaman doa yang sudah mereka miliki. Yesus memberikan kritik terhadap paham doa dan sekaligus memberikan koreksi mengenai cara doa yang benar. Ia menyampaikan kritik atas doa yang bertele-tele dengan banyak kata. Ia menunjukkan cara dan tujuan doa.

Doa merupakan komunikasi dengan Allah dalam menemukan makna hidup dan penerpannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara perlu disesuaikan dengan maksud doa. Yang utama ialah sikap mengandalkan Allah dan damai dengan sesama. Yesus mengingatkan pula supaya doa kita tidak melantur dan tidak jelas ujung pangkalnya. Hendaknya doa kita mudah dipahami, ungkapan iman, singkat dalam dan luas isinya seperti doa Bapa Kami yang diajarkan oleh Yesus.

CONTEMPLATIO:
Masuklah dalam suasana hening dan periksalah doa-doamu selama ini. Adalah doa-doamu sungguh untuk kemuliaan Tuhan, demi perluasan kerajaanNya, serta melaksanakan kehendakNya dan bermanfaat bagi pertumbuhan imanmu? Bersyukurlah, apabila doa-doamu sungguh berpola doa Bapa Kami.

ORATIO:
Tuhan, ajarilah aku berdoa yang benar, bukan yang sesuai kehendakku, tetapi yang sesuai kehendakMu. Amin.

MISIO:
Hari ini aku akan berusaha berdoa dengan sikap mengandalkan hanya Allah saja dan selalu mencari kehendakNya dalam pergaulan dengan sesama.

Print Friendly

avatar

About admin

Admin portal berita katolik Sesawi.Net ini adalah seorang wartawan, eks Jesuit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>