RIP: Romo Prof Dr Louis Leahy SJ, Misionaris Yesuit asal Kanada

0
2,680 views

KAMIS, hari pertama di bulan Maret tahun 2012 ini, lagi-lagi Ordo Serikat Yesus (SJ) Provinsi Indonesia kembali kehilangan anggotanya. Kali ini, misionaris Yesuit asal Kanada yang berprofesi sebagai filosof yakni Romo Prof. Dr. Louis Leahy SJ meninggal dunia.

Tak seperti para misionaris Yesuit lainnya yang mayoritas berasal dari Negeri Belanda dan sejumlah lainnya datang dari Jerman dan Swiss, Serikat Yesus Provinsi Indonesia juga mendapat “kiriman” misionaris dari luar Eropa. Rasanya, almarhum Romo Louis Leahy SJ adalah satu-satunya Yesuit anggota Provinsi Indonesia yang berasal dari French Canada.

Diusir dari Vietnam

Datang ke Indonesia melalui jalur Vietnam, almarhum Romo Leahy SJ menapaki karirnya sebagai dosen ilmu filsafat setelah ia dipaksa hengkang diusir harus meninggalkan Vietnam oleh  rezim komunis yang belakangan berhasil menguasai Vietnam Selatan.  Sejak itulah, Romo Leahy berkarya sebagai dosen filsafat untuk mata kuliah filsafat manusia di Fakultas Filsafat-Teologi Seminari Tinggi Kentungan Yogyakarta selama beberapa waktu lamanya.

Selepas berkarya di Seminari Tinggi Kentungan sebagai pengampu mata kuliah filsafat manusia, almarhum Romo Leahy SJ juga meneruskan profesinya sebagai dosen filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta hingga sampai usia purnakarya.

Selama beberapa tahun lamanya pula, Prof. Leahy juga pernah berkarya sebagai dosen filsafat di Kinshasa, Zaire, Afrika.

Dari tangan misionaris Yesuit asal French Canada inilah, sejumlah pustaka buku-buku filsafat lahir.

Romo Leahy dikenal ahli tidak hanya dalam fisafat manusia, melainkan juga filsafat ketuhanan.

Romo Louis Leahy SJ meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Hingga berita ini dilansir, kami belum menerima pengumuman resmi dari Provinsialat SJ kapan dan dimana almarhum Prof. Louis Leahy SJ akan dimakamkan.

Obituari

Berikut ini kami sampaikan sedikit obituari almarhum Romo Prof. Dr. Louis Leahy SJ.

Lahir di Kanada wilayah yang berbahasa Perancis tahun 1927, Prof Louis Leahy merintis karirnya sebagai dosen filsafat di Universitas Montreal and Universitas Negeri di Quebec—keduanya wilayah Kanada berbahasa Perancis. Sebagai guru besar, almarhum juga mengajar di Universitas Ottawa dan Universitas Sudbury—keduanya di Kanada wilayah berbahasa Inggris.

Meninggalkan tanahairnya di Kanada, almarhum Romo Leahy kemudian berkarya sebagai misionaris di Vietnam Selatan dan menjadi dosen filsafat di Vietnam mulai tahun 1968-1975. Ketika Saigon jatuh ke tangan rezim komunis Vietnam Utara tahun 1975, tak ayal pula Romo Leahy SJ diusir dari Vietnam Selatan dan “terdampar” jauh di Sekolah Tinggi Filsafat Kanisius di Kinshasa, Zaire hingga tahun 1979. Selama kurun waktu itu pula, almarhum menjadi dosen tamu untuk Institut Katolik Afrika Barat di Abidjan, Cote d’Ivoire (Pantai Gading).

Hatinya tetap terikat di Asia Tenggara.

Tak bisa kembali ke Vietnam, Prof. Leahy lalu menapakkan kakinya di Yogyakarta sebagai dosen di IKIP Sanata Dharma (kini Universitas Sanata Dharma) Yogyakarta dan mulai tahun 1982 almarhum aktif memberikan ceramah-ceramah filsafat di kalangan para dosen filsafat di Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta mulai tahun 1985 sampai tahun 1990.

Awal tahun 1990, almarhum Prof. Leahy mulai mengajar di STF Driyarkara Jakarta sebagai dosen tetap dan dosen tamu untuk mata kuliah filsafat di Fakultas Filsafat Unika Parahyangan di Bandung dan Fakultas Sastra UI.

Dari tangan almarhum Prof. Leahy sudah terbit sedikitnya 18 buku-buku filsafat dalam bahasa Perancis, Vietnam dan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here