Saksi Hidup Ignatius Soejono: Wejangan Mgr. A. Soegijapranata tentang Hidup Bermasyarakat (2)

By on June 20, 2012 | 1,126 views
Ignatius Soejono dan uang

BERDASARKAN beberapa kata dan kalimat yang bisa terbaca surat tersebut kita bisa melihat beberapa nasihat Romo Kanjeng tentang hidup berkeluarga dan bagaimana membangun keluarga dengan melakukan keutamaan-keutamaan hidup bertetangga.

Di antara nasihat itu terbaca: “Iya iku gawe betjik marang sapa bae, kang asipat mirunggan, tanpa melik, tanpa pamrih  apa barang, tanpa pangarep-arep ing djasmani utawa rohani.”

(Benarlah kalau kalian berlaku baik dan jujur terhadap siapa saja dengan tetap mengedepankan semangat berbagi tanpa ada keinginan untuk memiliki, tanpa pamrih akan diberi hadiah, juga tanpa disertai keinginan mendapatkan imbalan barang atau lainnya).

Mengakhiri surat itu, Rama Kanjeng menulis,”Wasana aku nganti sembahyang pudja-pudji amrih kersa Dalem kaleksanan tumprape awakku, Rama ing Sang Kristus, A. Soegijapranata”

(Akhirnya, saya menyediakan waktu untuk melambungkan doa-doa pujian dengan harapan agar Tuhan berkenan mewujudkan kehendak-Nya melalui saya. Gembala Tuhan Yesus Kristis. A. Soegijapranata”

Uang dan sekuntum melati

Bapak Soejono bercerita juga bahwa pernah Romo Kanjeng memberinya uang untuk kenangan. Tapi dengan satu pesan: jangan menggunakan, kecuali kalau memang sungguh diperlukan. 

Namun kemudian berita duka sampai ke telinganya pula, bahwa Romo Kanjeng telah wafat di Negeri Belanda dan kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang.

Sebagai kenangan pula, ia mengambil sekuntum bunga melati yang hingga kini masih dia simpan sebagai kenangan ketika prosesi pemakaman di Semarang tahun 1963.

Saya senang dapat bertemu dengan Bapak Ignatius Soejono yang mengalami hidup bersama dengan Romo Kanjeng.

Tentu masih cukup banyak orang-orang yang seusia Bapak Soejono yang masih bisa bercerita dengan pengalaman hidupnya bersama mendiang Romo Kanjeng.

Silakan bercerita.

Salam, doa ‘n Berkah Dalem,

Bedono, 17 Juni 2012
+ Johannes Pujasumarta
Uskup Keuskupan Agung Semarang

Photo credit: Ignatius Soejono (Mgr. Johannes Pujasumarta Pr)

Sumber dan link: www.pujasumarta.multiply.com

Artikel terkait: Saksi Hidup Ignatius Soejono Berkisah tentang Mgr. Albertus Soegijapranata SJ (1)

 

Print Friendly

avatar

About Mgr. Johannes Pujasumarta Pr

Uskup Agung Keuskupan Semarang; sebelumnya Uskup Keuskupan Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>