SHARE

hipnoterapiSalah satu pertanyaan yang sangat sering dilontarkan terhadap para hipnoterapis adalah, “Masalah apa yang bisa diatasi dengan hipnoterapi?” Mereka ingin tahu atas alasan apa seseorang  meminta bantuan hipnoterapis.  Apakah bisa membantu mengatasi penyakit  atau problem bukan penyakit? 

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah: semua masalah yang  terkait pikiran. Ya, hipnoterapi membantu menemukan dan menyelesaikan problem yang berhubungan dengan pikiran. Lantas, apa saja problem yang terkait pikiran? Secara umum problem yang terkait dengan pikiran dapat dilihat melalui simptom atau gejala penyakit fisik dan gangguan perilaku atau masalah psikis.

Dalam buku The Miracle of MindBody Medicine, Dr.Adi W.Gunawan, CCH menjelaskan secara gamblang kaitan pikiran, emosi, stres, respon tubuh dan penyakit-penyakit psikosomatis.  Kaitan itu ditandai dengan munculnya berbagai  gejala sakit.

Dengan kata lain, penyakit  fisik tidak selalu karena organnya memang sakit, bisa juga merupakan pertanda atau sinyal dari pikiran bawah sadar. Bahwa ada suatu masalah di pikiran bawah sadar yang belum terselesaikan.

Gejala-gejala penyakit yang muncul sangat beragam. Louise L. Hay dalam bukunya Heal Your Body menuliskan nama-nama penyakit fisik urut abjad berikut kemungkinan latarbelakang masalah di level mental pengidapnya.

Misalnya diabetes mellitus kemungkinan terkait kebutuhan mengontrol yang tinggi, selalu terpikir apa yang telah terjadi, kesengsaraan yang dalam, dan kepahitan hidup. Tuli kemungkinan berkaitan dengan penolakan, kekeraskepalaan dan pengisolasian diri. Dan sebagainya.

Adapun gangguan perilaku atau masalah psikis muncul dalam berbagai bentuk yang terlihat dari kecenderungan bersikap, bertindak, berperilaku, pengambilan keputusan, pencapaian hasil, pola hidup dan sebagainya baik di rumahtangga, keluarga, sekolah, tempat kerja, pergaulan maupun kehidupan pribadi. 

Ingat, hipnoterapi dilakukan untuk menemukan apa penyebab munculnya gejala penyakit atau gejala gangguan psikis pada seseorang, dan membantu menyelesaikannya di level bawah sadar.@

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY