23 Tokoh Katolik di Berbagai Lahan Kerja Profesional

By on June 9, 2013 | 2,308 views
Benny Sabdo headshot

 

Buku Benny Sabdo Majalah HidupKALAU mau mengenal sedikitnya 23 tokoh katolik professional di berbagai bidang, maka bacalah buku Kiprah Tokoh Katolik Era Reformasi karya Benny Sabdo, wartawan Majalah Hidup. Diskusi berikut peluncuran perdana buku ini terjadi di Sekretariat Forkoma PMKRI Jakarta Pusat di penghujung pekan ini, Sabtu (6/6/2013).

 

Ikut hadir mendiskusikan buku Benny Sabdo ini  yakni  kriminolog senior UI Prof.  Adrianus Meliala, hakim Mahkamah Konstitusi Prof. Maria Farida, dan Ketua Umum Forkoma PMKRI Hermawi F. Taslim.

 

Yang justru menarik tentu saja isi buku itu sendiri yakni profil sekelumit sejumlah tokoh katolik yang berkiprah di panggung dunianya masing-masing. Seperti panggung politik, pendidikan, bisnis, media, ormas katolik, seni, budaya, dan tak ketinggalan hidup religius.

 

Bagaimana harus memaknai buku Kiprah Tokoh Katolik Era Reformasi itu untuk masa kini?

 

Adrianus Meliala punya opini demikian:  tergelarlah sebuah keragaman profesi dan arena kerja professional dimana para tokoh katolik itu mewujudkan iman kristianinya di lingkungan kerja professional. Mereka berbeda-beda tapi ‘disatukan’ oleh semangat iman yang sama.  “Satu dalam keimanan, yakni selaku Katolik, serta sebagai satu elemen dalam masyarakat dengan gaya hidup yang amat ditandai dengan kepemilikan dan penggunaan gadget,” jelas Adrianus , dosen sekaligus  komisioner Komisi Kepolisian Nasional RI.

 

Sementara Prof. Maria Farida mengaku kangen dengan para tokoh yang dihadirkan Benny Sabdo melalui kisah di bukunya yang terbaru itu.  “Buku ini menyadarkan saya , sekalipun  tidak terlalu terpublikasi, para tokoh itu toh punya andil besar dalam penyelenggaraan negara ini,” kata perempuan pertama yang menjadi  hakim konstitusi itu.

 

Profil Maria ikut ditulis Benny Sabdo dan menurut Maria, semua tokoh yang ditulis layak dibanggakan.  Sementara Hermawi F. Taslim berharap banyak tokoh muda katolik belajar banyak dari para tokoh yang dikedepankan oleh Benny Sabdo ini._MG_4362 Benny Sabdo Hidup

 

Pengalaman jurnalistik

Menjawab Sesawi.Net, Benny menuturkan bahwa buku itu harus ‘lahir’ dari perkenalan dan pertemanan dia sepanjang melakukan tugas jurnalistik sebagai pewarta Majalah Hidup kurun waktu 2011-2013. “Dunia jurnalistik dan aktivis di jejaring sosial kemasyarakatan membuka jalan bagi saya bertemu dengan para tokoh hebat tersebut dan itu melahirkan banyak inspirasi,” terang  putera daerah asal Ngawi, Jawa Timur ini.

 

Sekalipun tidak menjadi panelis, coordinator ICW Danang Widoyoko yang juga profilnya ditulis ikut hadir. Pun pula kritikus sastra Manneke Budiman, DJ Milinka Mikaela Ridisci, pendiri Koran Berani Henricus Witdarmono, anggota DPR Iliona Itet Tridjajti Sumarijanto, komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dan Ketua Umum FMKI KAJ Veronica Wiwiek SP. Sulistyo.

 

Peneliti Senior CSIS Harry Tjan Silalahi mendukung hadirnya buku baru itu dan berharap para tokoh itu bisa menjadi acuan bagi khalayak tentang tokoh politik maupun publik katolik. Romo Franz Magnis-Suseno SJ melihat isi buku itu sebagai inspirasi untuk menyadari peran masing-masing sebagai pembawa kekuatan penyembuh dan penyelamat Injil.

Peluncuran buku baru Benny Sabdo email

Yang ikut merespon positif buku ini juga Wakil Pemimpin Umum Kompas St. Sularto,  anggota Dewan Pers Stanley Adi Prasetyo dan novelis Ayu Utami.

 

Ketua Presidium KWI Mgr Ignatius Suharyo dalam epilognya mengatakan, “Semoga tokoh-tokoh yang dikisahkan dalam buku ini memberi inspirasi untuk Anda.”    

Photo credit: Benny Sabdo (Mathias Hariyadi/Dok); Suasana peluncuran buku (Ist)

Tautan:   Benny Sabdo Rilis Buku Baru “Kiprah Tokoh Katolik Era Reformasi”

   

Print Friendly

avatar

About Mathias Hariyadi

@MHSesawiNet http://mytitch.blogspot.com; http://kbkkindonesia.com mhariyadi@sesawi.net mhariyadi@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>