In Memoriam Pastor Janssen CM, Satya Lencana untuk Pejuang Kemanusiaan dan Pendidik Katekis Andal (2)

3
1,743 views
RIP Pastor Paul Hendrikus Janssen CM.

DARI Jatim lahirlah ribuan katekis hebat yang telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Sudah pastilah almarhum Pastor Paul Hendrikus Janssen CM ini sosok besar di Gereja Katolik Indonesia, khususnya di tlatah Jawa Timur. Almarhum Romo Janssen CM telah memberi kontribusi luar biasa besar untuk pengembangan Gereja Katolik Indonesia melalui persebaran tenaga-tenaga katekis berdedikasi tinggi mengajar agama katolik di berbagai pedalaman di seluruh Indonesia.

Bisa jadi, kita bisa mengatakan seperti ini. Ia mungkin sejajar dengan almarhum Romo van Lith SJ di Jawa Tengah yang telah meletakkan pondasi pendidikan iman dan pelayanan pastoral di Gereja Indonesia, khususnya di Jatim.

Baca juga:   RIP Pastor Dr. Janssen CM: Pendiri IPI Malang, Tarekat Suster Alma, Yayasan Bhakti Luhur

IPI Malang dan AKI Madiun

Berdirinya STIPAS OR,  STIPAG Katolik di Indonesia ini  banyak dilatarbelakangi oleh aliran semangat  para perintisnya yang  lulus dari IPI Malang dan AKI Madiun.

Ribuan murid almarhum Pastor Janssen CM di bidang pendidikan pastoral  sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Bersama rekan-rekan CM lainnya, almarhum Pastor Janssen CM mendirikan AKI Madiun, Universitas Katolik Widya Mandala di Madiun, Unika Widya Mandala di Suarbaya (bersama almarhum Bapak Uskup Keuskupan Surabaya waktu itu: Mgr. Klooster CM,  para konfrater CM dan  sejumlah tokoh awam), IPI Malang, ALMA Puteri dan ALMA Putera.

Penghargaan Satya Lencana

Almarhum Pastor Janssen CM juga membesut berdirinya  Panti Asuhan Galunggung dan puluhan panti asuhan sejenis di banyak tempat  di Indonesia. Misi panti asuhan ini adalah  merawat ribuan anak-anak berkebutuhan khusus:  cacat fisik dan aneka cacat lainnya.

Almarhum  juga sangat mempromosikan pentingnya melakukan retret umat dimana-mana.

Atas jasanya di bidang pelayanan kemanusiaaan untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini, almarhum Pastor Janssen CM diganjar penghargaan Satya Lencana oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Yang pasti, almarhum Pastor Janssen CM adalah imam Lazaris yang sangat berpengaruh dalam pendidikan para petugas pastoral di Indonesia.

 Requiescat in pace.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here