RP Riyo Mursanto SJ Didapuk Rektor Arrupe International Residence di Filipina

2
948 views
Romo RB Riyo Mursanto SJ

BEBERAPA tahun setelah lepas jabatan sebagai Provinsial SJ Provinsi Indonesia, kini Romo Riyo Mursanto SJ –alumnus Seminari Mertoyudan tahun masuk 1974—akan menempati pos jabatan baru di Manila. Pater Jenderal Jesuit RP Arturo Sosa SJ telah menunjuknya menjadi Rektor di collegium maximum rumah pembinaan para frater Jesuit teologan di kawasan Asia Tenggara yang tengah studi teologi di Ateneo de Manila dan menempati rumah pembinaan di Arrupe International Residence di Manila, Filipina.

Pengumuman penunjukannya itu datang langsung dari dari Roma, hanya beberapa hari setelah Romo Riyo baru saja merayakan HUT-nya ke-60 tahun.

Romo Riyo –mantan Direktur SMA Kanisius Jakarta dan Rektor Kolese Loyola Semarang—ini akan mengisi pos jabatan tersebut, setelah pejabat lama Fr. Renato Repole mendapat mutasi tugas baru.

Romo Repole sudah mengisi jabatan Rektor Rumah Pendidikan Internasional Arrupe tersebut sejak tahun 2011.

Wajah lama di Arrupe International House

Romo Riyo Mursanto SJ bukan wajah baru di Arrupe International House. Selama tiga tahun lamanya, ia  pernah menjabat tugas di kolese ini sebagai socius mendampingi Rektor RP Adolfo Nicolás yang waktu itu juga merangkap jabatan sebagai Presiden Jesuit Conference of Asia-Pacific berkedudukan di Manila. Di kemudian hari, Pater Nicolás terpilih menjadi  Superior Generalis (Pater Jenderal Jesuit) dan pindah tinggal untuk selanjutnya berkedudukan di Generalat SJ di Roma, sementara Romo Riyo kembali ke Indonesia menjadi Provinsial SJ Provindo.

Posisinya sebagai  Provinsial SJ Provindo selama dua kali masa jabatan akhirnya berakhir dan kemudian posisinya  telah diisi oleh yuniornya jauh di Seminari dan di Serikat Jesus, yakni RP Sunu Hardiyanto SJ.

Yang tak disangka-sangka lagi, kehadiran Romo Riyo di Arrupe International House ini akan menjadikan reunian lagi bersama mantan Pater Jenderal SJ: RP Adolfo Nicolás.

Jesuit kelahiran  Spanyol ini telah kembali ke tanah misi yakni Filipina dan menempati tempat tinggalnya di Arrupe International House.

Di kancah Asosiasi Jesuit Asia Pacific, Romo Riyo akan mengemban tugas sebagai delegatus untuk urusan pembinaan internal para Jesuit muda. Ia diharapkan sudah tiba di Manila setidaknya sebelum akhir Mei 2017 mendatang.

2 COMMENTS

  1. SETAHUN lepas jabatan??? yakin….. Romo Riya setahu saya sudah tidak menjadi Provinsial Serikat Yesus Indonesia setidaknya sejak tiga tahun lalu….. mohon sesawi memperhatikan data data semacam ini…!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here