Isi Surat Pengangkatan Uskup Agung Semarang dari Paus Fransiskus

0
1,266 views
Kardinal Julius Darmaatmadja SJ menumpangkan tangan di kepala Uskup terpilih Mgr. Robertus Rubiyatmoko / Foto : Youtube

DIBACAKAN oleh Duta Besar Vatikan Mgr Antonio Guido Filipazi, surat pengangkatan Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang harus disampaikan kepada seluruh umat dalam Ekaristi Penahbisan Uskup Keuskupan Agung Semarang di Lapangan Bhayangkara Akpol, Semarang, Jumat (19/5/2017). Berikut bunyi surat itu :

————————————————————————————-

Fransiskus, Uskup
Hamba dari Para Hamba Allah
Kepada Putra Terkasih Robertus Rubiyatmoko dari Klerus Gereja Metropolitan Semarang yang diangkat sebagai Uskup Agung Metropolitan dari tahta yang sama.
Salam dan Berkat Apostolik

Dengan memperhatikan semua gereja lokal karena kewajiban apostolik tertinggi kami yang kami laksanakan hari ini, kami berpendapat patut memperhatikan Gereja Metropolitan Semarang yang saat ini tahtanya lowong karena kematian Gembalanya Yohanes Maria Pujasumarta yang kami kenang kebaikannya.

Dan karena Anda Putera Terkasih memiliki kurnia hati dan pikiran yang elok dan ahli dalam bidang pastoral serta Hukum Kanonik kami pandang pantas menjadi pemimpin dari gereja ini setelah memperhatikan kesimpulan Kongregasi bagi Evangelisasi Bangsa-bangsa maka berdasarkan kuasa Apostolik kami, kami mengangkat Anda menjadi Uskup Agung Metropolitan Semarang dan memberi semua hak dan kewajibannya.

Mengenai tahbisan episkopal Anda, kami mengizinkan agar Anda dapat menerimanya di luar Kota Roma melalui setiap Uskup Katolik sambil minta hati pedoman liturgi. Sebelumnya Anda harus melakukan pengakuan Iman Katolik dan mengucapkan sumpah kesetiaan kepada kami dan penerus kami seturut Hukum Kanonik. Kami memerintahkan juga agar surat ini disampaikan juga kepda klerus dan umat ini serta kami menganjurkan klerus juga umat agar menerima Anda dengan tangan terbuka dan tetap bersatu dengan Anda.

Terakhir, kepada Anda Putera Terkasih, melalui perantaraan Santa Perawan Maria, kami mohonkan karunia terbaik dari Surga sehingga dalam pimpinan Anda dan dengan mengikuti teladan Anda, umat beriman Semarang setiap harinya dapat semakin mengenal dan mengasihi Allah serta dengan mengikutiNya dapat berjuang untuk menjadi suci sambil mengingat perkataan pendahulu kami Santo Leo Agung,“Sesungguhnya Allah sendiri berkata, jadilah kudus karena Aku kudus. Lakukanlah apa yang aku kasihi. Kasihilah apa yang aku lakukan.”

Semoga rahmat dan damai Allah selalu bersama Anda dan semua klerus serta umat beriman dari tahta Metropolitan terkasih di Indonesia.

Diberikan di Roma dari Santo Petrus pada tanggal 18 Maret 2017 pada tahun kelima Kepausan kami

Fransiskus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here