Mgr. Suharyo : Jangan Cukur Kumisnya, Bapa Uskup

0
1,617 views

BEBERAPA  waktu sesudah terpilih sebagai Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko bertemu dengan Uskup Agung Jakarta sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo menyampaikan celotehan umat dan koleganya mengenai kumisnya.

“Beliau minta pertimbangan saya apakah kumis tebal yang dimilikinya sebaiknya dibiarkan atau dicukur,”ujar Suharyo saat homili pada Perayaan Ekaristi Penahbisan Uskup Keuskupan Agung Semarang, di Lapangan Bhayangkara Akpol, Semarang, Jumat (19/5/2017).

Uskup Agung Jakarta yang tadinya juga Uskup Agung Semarang ini lalu menjawab “Jangan, Bapa Uskup. Biarkan saja kumisnya,”ujarnya.

Menurut Suharyo, sikap uskup terpilih ini merupakan tanda kesediaan untuk meninggalkan segala sesuatu untuk melayani umatnya. “Persis Santo Paulus yang mengatakan, kalau makan daging korban menjadi batu sandungan, seumur-umur saya tidak akan makan daging lagi,”tutur Suharyo.

Suharya lalu menjelaskan bahwa ketika menasihati para rasul, Yesus mengatakan bahwa saking cintanya Tuhan rambut kepala mereka pun dihitung. “Kalau rambut kepala dihitung, pasti rambut kumis juga. Jadi, tak usah dibuang. Kalau perlu disemir,”tegas Suharyo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here