Breaking News: Pastor Tom Uzhunalil SDB Akhirnya Menghirup Kebebasan

0
1,589 views
Pastor Tom Uzhunnali SDB. (Courtesy of AsiaNews)

LAPORAN terkini yang dilansir situs berita katolik www.asianews.it dalam bahasa Italia merilis berita gembira.

Pastor Tom Uzhunalil SDB—seorang imam “Don Bosco” Salesian—secara resmi telah dibebaskan oleh kelompok teroris militan yang telah menyekapnya sejak setahun lebih beberapa bulan terakhir ini.

Pastor Tom SDB yang berkebangsaan India ini  diculik oleh kelompok bersenjata radikal dan kemudian mereka ‘menyekapnya’ sejak Maret tahun 2016. Penculikan ini dilakukan bersamaan dengan terjadi penyerangan brutal di Aden – Yemen oleh kelompok radikal bersenjata yang sama.

Penyerangan kelompok teroris radikal ini menewaskan empat orang suster biarawati Missionaries of Charity (MC) dan 12 orang katolik awam lainnya.

Baca juga:  Klarifikasi Salesian: Kami Tidak Tahu Keberadaan Pastor Tom

Berita penyaliban Pastor Tom

Usai diculik dan tidak diketahui dimana keberadaannya, beberapa pekan kemudian beredar kabar di banyak media bahwa Pastor Tom SDB akan dibunuh dengan cara disalib pada Hari Jumat Agung di tahun 2016 lalu.

Sejak itu, kabar mengenai keberadaan Pastor Tom tidak pernah diketahui pasti.

Berita kepastian tentang bebasnya Pastor Tom Uhzunalil SDB ini dilansir oleh Mgr. Paul Hinder, Uskup Vikariat Arab Selatan dan pernyataan itu muncul di laman resmi vikariat apostolik tersebut.

“Monsinyur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengupayakan pembebasan Pastor Tom dan kepada siapa saja yang telah mendoakan pembebasannya,” demikian isi naskah tulisan dalam laman tersebut sebagaimana kemudian dirilis oleh AsiaNews dalam bahasa Itali.

Baca juga:  Klarifikasi Salesian: Kami Tidak Tahu Keberadaan Pastor Tom

Saat diculik oleh kelompok teroris bersenjata radikal, Pastor Tom SDB telah berada di tengah komunitas para suster biarawati MC –para anggota tarekat religius yang dibentuk Bunda Teresa dari Kolkata. Dalam serangan brutal yang dilakukan oleh kelompok radikal yang ditengarai berafiliasi dengan al Qaeda itu, empat orang suster biarawati MC tewas dan 12 orang katolik awam lainnya ikut menjadi korban penembakan yang menewaskan nyawanya.

Sejak diculik kelompok teroris radikal bersenjata, gelombang upaya internasional untuk mendeteksi keberadaan Pastor Tom Uzhunnalil SDB ini  senantiasa didengungkan, termasuk ajakan mendoakan pastor Salesian Don Bosco ini agar tetap hidup dan selamat. (Ist)

Fr. Tom SDB adalah imam berdarah India. Ia lahir di Pala (Kottayam, Kerala) dan saat ini berusia 57 tahun.

Almarhum pamannya adalah Pastor Matthew SDB. Imam Salesian ini telah meninggal dunia tahun 2015,  namun namanya tetap harum di kawasan Arab Selatan karena pastor Salesian yang juga paman Pastor Tom SDB ini  menjadi perintis misi katolik di Yemen.

Ketika diculik di Aden, Pastor Tom SDB telah menjalani karya selama empat tahun sebagai misionaris Salesian dari India di Yemen.

Merespon pembebasan Pastor Tom, Ketua Konferensi Para Uskup India Kardinal Isaac Cleemis Thottunkal menyatakan kegembiraannya.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam proses pembebasannya, terlebih kepada Pemerintah India dan Pemerintah Negara Bagian dan kepada semua saja yang ikut mendoakan pembebasannya,” tutur Kardinal menjawab AsiaNews.

Ref:  P. Tom Uzhunnalil è stato liberato

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here