Laporan dari Roma: Pucuk Pimpinan Umum MSC, Dari Amerika dan Kembali Lagi ke Amerika

0
275 views
Pater Jenderal MSC yang baru adalah RPMario Absalón Alvarado Tovar MSC (berkaos biru muda, kanan). Ia menggantikan pejabat lama Pater Mark McDonald MSC. (Ist)

PADA tanggal 11 September 2017 yang baru lalu telah berlangsung Kapitel Umum di Generalat MSC di Roma dengan salah satu agendanya adalah memilih seorang Pemimpun Umum (superior generalis) atau sering juga disebut Pater Jenderal.

Dalam pemilihan yang berlangsung hanya dalam satu putaran itu berhasil terpilih sebagai Pater Jenderal MSC  yang baru adalah RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC yang saat ini masih menjabat Provinsial MSC Provinsi Amerika Tengah.

Baca juga:  Laporan dari Roma: RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC dari Amerika Tengah, Pater Jenderal MSC yang Baru

MSC Provinsi Amerika Tengah itu sendiri membawahi tata kelola MSC untuk beberapa negara di kawasan Central Amerika yakni Guatemala, Honduras, Nikaragua,  dan El Salvador.

Dari Amerika

Pater Jenderal MSC yang baru yakni RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC adalah imam MSC yang berasal dari Guatemala.

Ia resmi menggantikan tugas dan tanggungjawab seorang superior generalis MSC yang sebelumnya dijabat oleh RP  Pater Mark McDonald.

“Pater McDonald adalah seorang imam MSC asal Amerika Serikat,” tulis Sekretaris MSC Provinsi Indonesia Romo Yance Mangkey MSC kepada Redaksi Sesawi.Net.

Pater Mark McDonald MSC memimpin Kongregasi Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC) selama 12 tahun terakhir ini. Dan kini, pucuk pimpinan MSC telah diserahterimakan kepada pejabat baru yakni RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC yang berasal dari Guatemala, Amerika Tengah.

Kedua pater jenderal MSC ini berasal dari kawasan Amerika. Yang lama Pater McDonald berasal dari Amerika Serikat dan memimpin MSC selama 12 tahun terakhir sebelum akhirnya digantikan oleh pejabat baru RPMario Absalón Alvarado Tovar MSC dari Guatemala, Amerika Tengah. (ist)

Dengan demikian, tongkat estafet kepemimpinan MSC sekarang ini telah  pindah dari tangan seorang imam MSC asal Amerika Serikat dan kini telah dipegang oleh seorang imam MSC dari Amerika Tengah.

Ini sekedar informasi ringan semata.

Di Kota Abadi Roma saat ini, ada tiga pejabat teras pimpinan tarekat religius plus Tahta Suci Vatikan yang semuanya berasal dari kawasan Amerika (Tengah dan Selatan).

Mereka adalah:

  • Paus Fransiskus yang dulu bernama Kardinal Jorge Mario Bergoglio yang berasal dari Buenos Aires – Argentina (Amerika Selatan atau Amerika Latin);
  • Pater Jenderal Jesuit  RP Arturo Sosa Abascal SJ dari Caracas – Venezuela (juga Amerika Latin);
  • dan kini yang paling mutakhir adalah RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC dari Guatemala – Amerika Tengah.

Ketiga ‘orang penting’ di Roma tersebut berbicara bahasa ibu mereka: Spanyol.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here