Laporan dari Roma: RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC dari Amerika Tengah, Pater Jenderal MSC yang Baru

0
279 views
Pater Jenderal MSC yang baru: RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC . (Ist)

KABAR indah dari Kongregasi Misionaris Hati Kudus (MSC) melalui jaringan komunikasi internal MSC Provinsi Indonesia. Informasi ringkas baru saja dirilis oleh Sekretaris MSC Provinsi Indonesia yakni  Romo Jance Mangkey MSC kepada Redaksi Sesawi.Net pada hari Rabu malam tanggal 13 September 2017 ini.

  • Telah terpilih resmi menjadi superior generalis (Pater Jenderal) MSC yang baru adalah RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC.

    RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC

Pater Tovar MSC yang kini masih menjabat  Provinsial MSC Amerika Tengah terpilih menjadi superior generalis MSC yang baru  dalam forum Kapitel  MSC yang telah berlangsung di Generalat MSC di Roma, hari Senin tanggal 11 September 2017 yang baru lalu.

“Pater Tovar MSC berhasil terpilih menjadi Pater Jenderal MSC yang baru hanya  dalam satu putaran pemilihan,” demikian keterangan tertulis Romo Yance Mangkey MSC kepada Sesawi.Net.

Dari Guatemala

Pater Jenderal MSC yang baru yakni RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC adalah imam Misionaris Hati Kudus asal Guatemala, sebuah negara kecil di kawasan Amerika Tengah.

Ucapan selamat dari kolega MSC untuk Pater Jenderal MSC yang baru: RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC (kanan).

Ia lahir tanggal 20 September 1970.  Sebagai frater MSC, ia mengucapkan kaul pertamanya tanggal 15 Agustus 1991.

Pater Tovar MSC  menerima tahbisan imamat tanggal 25 Oktober 1997.

Doktor psikoterapi

Dalam kapasitasnya sebagai Provinsial MSC Central Amerika, tugas dan tanggungjawabnya adalah memimpin para imam, bruder dan frater MSC di sejumlah negara di Central America yakni Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan El Salvador.

Kapitel Umum MSC dengan salah satu agendanya adalah memilih superior generalis MSC yang baru. (Ist)

Sebelum menjabat Provinsial MSC Amerika Tengah, RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC memangku jabatan sebagai Direktur Panggilan dan Pembina MSC.

Ia meraih gelar doktor di bidang  psikoterapi.

MSC utusan dari Indonesia

Dari MSC Provinsi Indonesia, sejumlah imam MSC Indonesia telah datang di Roma una mengikuti prosesi pemilihan dalam Kapitel MSC tersebut.

Delegasi MSC Indonesia itu beranggotakan Pastor Johny Luntungan sebagai Provinsial. Ia datang bersama anggota lain sebagai utusan MSC Indonesia yakni Pastor Poltje Pitoy MSC, Pastor Gregorius Hertanto MSC, Pastor Berry Pareira MSC, dan Br. Yos Manuel MSC.

Dua pastor MSC asal Indonesia lain  yang juga telah mengikuti Kapitel karena tugas dan jabatannya di Lingkungan Generalat MSC adalah:

  • Pastor FX Wahyudi MSC yang sejak 12 tahun terakhir ini menjabat  Asisten I Pemimpin Umum.
  • Pastor Hans Ngala MSC sebagai Ekonom Umum.
Melakukan pembasuhan kaki tanda kerendahan hati dan pelayanan total seorang Pater Jenderal MSC yang baru. (Ist)

Hal pertama yang dilakukan sebagai Pater Jenderal MSC yang baru oleh RP Mario Absalón Alvarado Tovar MSC  adalah melakukan pembasuhan kaki  lima imam MSC waki dari lima benua.

Pada hari Sabtu tanggal 16 September 2017 lusa dijadwalkan akan bertandang ke Vatikan menemui Bapa Suci Sri Paus Fransiskus dalam sebuah audiensi khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here