Latih Kemandirian, SD Kanisius Murukan Wedi Adakan Perkemahan

0
78 views
Murid SD Kanisius Murukan Wedi mengikuti program acara perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di halaman sekolah dan menjalani program melatih kemandirian. (Laurentius Sukamta)

SEDIKITNYA  180 murid  SD Kanisius Murukan Wedi, Kabupaten Klaten, baru saja  mengikuti acara perkemahan yang  di halaman sekolah setempat, Sabtu-Minggu (30/9-1/10/2017). Perkemahan yang diikuti segenap murid Kelas 4, 5, dan 6 ini didampingi para guru dan mahasiswa Program Pengalaman Lingkungan (PPL) Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta.

Kepala SDK Murukan St. Karyanto menjelaskan, perkemahan mulai hari Sabtu sampai Minggu (Persami) ini dimaksudkan untuk mengisi waktu jeda usai berlangsung Ulangan Tengah Semester (UTS) gasal. “Selain itu, acara ini diadakan agar anak-anak tidak merasa jenuh setelah belajar materi (pelajaran) secara terus-menerus. Juga untuk melatih kemandirian dan kerjasama anak-anak,” katanya

Perkemahan ini dilaksanakan dari Sabtu sore sampai Minggu siang. Anak-anak menginap di sekolah selama perkemahan berlangsung. Kegiatan kemah ini dikemas s=seperti Persami pada umumnya, namun lebih sederhana.

Api unggun dan pentas seni

Acara perkemahan dimulai pada pukul 16.00 sore dengan pembukaan. Pada malam harinya ada acara api unggun dan pentas seni. Dalam pentas seni, anak-anak menampilkan kemampuannya seperti menyanyi, drama, dan sebagainya. Pukul 21.00 malam acara api unggun selesai. Anak-anak pun kemudian tidur.

Paginya, anak-anak diajak mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja Wedi. Usai Ekaristi, anak-anak kembali ke sekolah. Setelah makan pagi, acara berlanjut lagi dengan kegiatan permainan atau game “Jelajah Alam”.

Dalam game ini, anak-anak berjalan melewati lima pos, yaitu pos pengetahuan umum, tali temali, PBB (pendidikan baris-berbaris), sandi kotak, dan ketangkasan. Selanjutnya, anak-anak kembali ke sekolah.

Menikmati masa kecil dan latihan kemandirian melalui Pramuka.

Dalam perjalanan kembali ke sekolah, anak-anak diajari untuk peduli pada lingkungan dengan cara mengambil sampah yang mereka temui di jalan. Sampai di sekolah, anak-anak membersihkan lingkungan sekolah dan lokasi yang digunakan untuk kemah.

Acara perkemahan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba. Untuk kelompok putra, dimenangkan Regu Harimau Kelas 6B. Sedang untuk kelompok putri, dimenangi Regu Melati Kelas 4B.

Regu Harimau menangi lomba dan mendapat hadiah dari Kepala Sekolah SD Kanisius Murukan Wedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here