Telah Tiba di Jakarta: Dubes Vatikan untuk RI Mgr. Piero Pioppo

0
1,115 views
Nuntius alias Dubes Tahta Suci Vatikan untuk RI yang baru Mgr. Piero Pioppo telah tiba di Jakarta, Selasa petang tanggal 14 November 2017. Segera setelah mendarat, ia segera masuk ke Nunciatura -- Kedubes Vatikan di kawasan Gambir - Jakarta Pusat. Sebuah acara sederhana diadakan untuk menyambut kedatangannya. Para Uskup dan Kardinal juga datang dan Kardinal mendapat sapaan hangat dengan dicium tangannya oleh Mgr. Piero Pioppo. (Courtesy of Y. Indra/Dokpen KWI)

KABAR bungah terjadi di Kedutaan Besar Tahta Suci Vatikan di kawasan Gambir – Jakarta Pusat sepanjang hari Selasa petang hari ini tanggal 14 November 2017. Telah tiba di Jakarta petang hari ini Dubes Tahta Suci Vatikan untuk RI Mgr. Piero Pioppo.

Laporan Dokpen KWI sebagaimana muncul di halaman situs resmi mereka di www.dokpenkwi.org menyebutkan, kedatangan Mgr. Piero Pioppo di Jakarta dijemput oleh pejabat teras KWI yakni Sekjen KWI Mgr. Anton Bunjamin Subianto OSC dan Sekretaris Eksekutif KWI Romo Siprianus Hormat. Keduanya pernah belajar di Italia dan besar kemungkinan ketika bertemu muka dengan Mgr. Piero Pioppo, mereka berbicara dalam bahasa Italia.

)
Dubes Tahta Suci Vatikan untuk RI yang baru: Mgr. Piero Pioppo bersama Kardinal Julius Darmaatmadja SJ saat berlangsung acara penyambutan sederhana di Nunciatura — Kedubes Vatikan di Jakarta. (Courtesy of Y. Indra/Dokpen KWI)

Sesampai mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Mgr. Piero Pioppo langsung ‘diboyong’ masuk ke kompleks Nunciatura – Kedubes Vatikan untuk RI di Jakarta yang mana juga menjadi tempat residensialnya. Di sini sudah berkumpul segenap uskup dari 37 Keuskupan di Indonesia plus Kardinal Julius Darmaatmadja SJ dan beberapa Uskup Emeritus.

Dalam sebuah frame gambar menunjukkan Dubes Vatikan untuk RI Mgr. Piero Pioppo mencium tangan Kardinal Julius Darmaatmadja SJ sebagai tanda hormat kepada ‘senior’.

Sebelum mengemban tugas baru sebagai Nuntius Tahta Suci untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo bertugas sebagai Dubes Vatikan untuk  Kamerun dan Guinea Equatoriale.

Baca juga: Mgr. Piero Pioppo dari Savona – Italia, Dubes Vatikan yang Baru untuk Indonesia

Ia ditunjuk Paus  Fransiskus pada hari Jumat tanggal 8 September 2017 menjadi Nuntius – Dubes Tahta Suci Vatikan untuk Republik Indonesia menggantikan pejabat lama yakni Mgr. Antonio Guido Filippazi. Pejabat lama telah meninggalkan Indonesia sejak Juli 2017 lalu untuk menerima tugas barunya sebagai Nuntius di sebuah negara di Afrika.

Monsinyur Pioppo yang ramah ini lahir di kota Savona – Italia tanggal 29 September 1960.

Ia menerima menerima tahbisan imamatnya pada 29 Juni 1985 dan memperoleh gelar sarjana teologi dogmatik.

Mgr. Piero Pioppo sangat lancar berbahasa asing: Spanyol, Inggris, Perancis, selain tentu saja bahasa ibu Italia.

Ia bergabung masuk di jajaran diplomatik Vatikan sejak tahun 1993 dan tahun-tahun berikutnya ia pernah dikaryakan di Korea Selatan dan Chile.

Ref: http://www.dokpenkwi.org/2017/11/14/duta-vatikan-yang-baru-mgr-piero-pioppo-disambut-para-uskup-se-indonesia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here