Seminar Kitab Suci: Perempuan-perempuan Hebat dalam Aneka Kisah KSPL

0
208 views
ebagian peserta berfoto bersama Romo Jo.

KURSUS Pendidikan Kitab Suci (KPKS) Santo Yohanes Penginjil Keuskupan Bogor mengadakan Seminar tentang Kitab Suci yang membahas tentang “Perempuan-perempuan Hebat dalam Kisah-kisah Perjanjian Lama”. Seminar ini diadakan pada hari Minggu, tanggal 3 Desember 2017, di Aula St. Antonius, Gereja St. Fransiskus Asisi, Sukasari Bogor.

Romo Joseph Susanto Pr

Seminar disampaikan oleh RD. Dr. Josep Susanto Pr,  imam diosesa Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ahli Kitab Suci;  khususnya Perjanjian Lama lulusan lisenciat Kitab Suci di Roma serta mengambil program doktor di Manila yang kini mengajar di STF Driyarkara, Jakarta.

Acara ini sebenarnya merupakan ajang reuni alumni KPKS St. Yohanes Penginjil mulai dari Angkatan 1 sampai dengan Angkatan 10 dan juga diikuti oleh siswa Angkatan 11 dan Angkatan 12. Sebanyak hampir 150-an orang hadir mengikuti seminar ini, sambil berreuni bertemu kawan lama seangkatan maka juga belajar kembali tentang KItab Suci.

Takut membaca KS

Selama ini, umat Katolik ada ketakutan tersendiri jika harus membaca Kitab Suci Perjanjian Lama.  Padahal untuk memahami Kitab Perjanjian Baru,  maka kita harus memahami juga Kitab Perjanjian Lama. Banyak kalimat–kalimat yang diucapkan oleh  Yesus juga Para Rasul mengambil kutipan-kutipan  yang berasal dari Perjanjian Lama.

Para peserta seminar.

 

Oleh Romo Jo (demikian beliau populer dipanggil),  Kitab Suci Perjanjian Lama ini dibuat seolah mudah dipelajari dan dipahami. Mengambil penekanan pada peran perempuan-perempuan  dalam Kisah-kiisah di Perjanjian Lama terhadap suskesnya pria–pria juga terselenggaranya Karya Penyelamatan Allah pada Bangsa Israel.

Pendaftaran seminar.

Satu persatu dibahas mulai dari Miryam (kakak Nabi Musa) yang berperan dalam penyelamatan Musa bayi dari pembinasaan Firaun terhadap anak–anak sulung laki–laki, Kesabaran Sara istri Abraham yang melahirkan di hari tuanya, Ribka istri Ishak yang berperan dalam pemberkataan Yakub untuk menerima hak anak sulung (merampas dari Esau), Deborah dan Yael yang membunuh Sisera kemudian kisah kecerdikan Tamar terhadap Yehuda dan masih banyak lagi.  Semuanya itu diceritakan dengan menarik sehingga mudah dipahami.

Seminar ini merupakan salah satu program dari Kepengurusan KPKS periode 2017– 2020 untuk mengisi waktu –waktu jeda diantara perkuliahan yang rutin.

Diharapkan dengan adanya seminar Kitab Suci ini maka umat semakin tergerak untuk membaca dan memahami Kitab Suci sesuai dengan amanat Bapak Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM untuk membumikan Kitab Suci di Keuskupan Bogor.

Tandatangan Romo Jo laris manis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here