In Memoriam Romo Joannes Madyasusanta SJ, Suhu Bahasa Latin (1)

0
474 views
RIP Romo J. Madyautama SJ. (ist)

ROMO Joannes Madyasusanta SJ telah menghembuskan nafas terakhir pada hari Jumat, tanggal 15 Desember 2017 sekitar pukul 12.57 WIB di Wisma Emmaus – Girisonta, Karangjati, Ungaran Selatan, Kabupaten Semarang.

Berikut ini sedikit gambaran riwayat hidup almarhum Romo J. Madyasusanto SJ

  • Ia lahir pada 18 November 1937.
  • Pada tanggal 7 September 1957, Madyasusanta muda  memulai langkah pertama sebagai anggota Serikat Yesus di Girisonta dan menjadi novis Yesuit di Girisonta.
  • Setelah menempuh pendidikan filsafat di Poona (India) dan teologi di Yogyakarta, ia ditahbiskan di Yogyakarta pada 6 Desember 1971.
  • Kaul akhir sebagai Yesuit diucapkannya pada 2 Februari 1978 di Kapel Seminari Menengah Mertoyudan di hadapan Provinsial SJ Provindo waktu itu: Romo Paulus Suradibrata SJ.

Baca juga:

Sabtu (16/12) Pkl 10.00, Requiem dan Pemakaman Romo J. Madyasusanta SJ di Girisonta

Guru bahasa

 

Semasa hidupnya, Romo Joannes Madyasusanta SJ dikenal sebagai guru bahasa di sejumlah lembaga pendidikan yakni di Universitas Sanata Dharma dan Seminari Menengah Mertoyudan.

Kemampuannya menguasai bahasa-bahasa klasik Benua Eropa itu telah  ditularkan kepada ratusan atau bahkan ribuan mahasiswa dan para calon imam.

Ketika pendengarannya mulai berkurang karena faktor usia, tak jarang para siswanya menjahilinya dengan menjawab sekenanya.

60 tahun sebagai Jesuit

Pada 7 September 2017 yang lalu,  almarhum Romo Joannes Madyasusanta SJ telah memperingati pesta hidup membiara selama 60 tahun sebagai Jesuit  bersama dengan Julius Kardinal Darmaatmadja SJ, rekan seangkatannya.

Beberapa tahun terakhir ini, almarhum Romo Madyasusanta tinggal di Wisma Emmaus, Girisonta setelah resmi pensiun sebagai dosen di Universitas Sanata Dharma.

Sebagai Jesuit purnabakti, ia tetap mendapat tugas resmi dari Ordo Serikat Yesus Provinsi Indonesia (SJ Provindo)  yakni  sebagai pendoa bagi Gereja dan Serikat Yesus.

Kondisinya yang sudah sepuh dan lemah tidak memungkinkannya untuk beraktivitas seperti sedia kala.

Mendoakan arwah almarhum

  • Doa Rosario di Kapel Emmaus Girisonta akan diadakan pada Jumat, 15 Desember 2017 pukul 18.00.
  • Misa Requiem akan diadakan pada hari Sabtu 16 Desember 2017 pukul 10.00 di Gereja Paroki Santo Stanislaus Girisonta, Bergas, Kab. Semarang.

Kita berdoa bagi kedamaian jiwanya.

Semoga ia menjadi pendoa bagi kita yang masih berjuang di dunia.

Requiescat in pace.

PS:

  • Sumber naskah asli ini disediakan oleh akun Promosi Panggilan Serikat Yesus  yang tidak mencantumkan identitas nama penulisnya di FB.
  • Ref: https://www.facebook.com/prompang.jesuit/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here