Pemulihan

0
137 views

“Yesus menjawab, ‘Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu.’” (Mat 17, 11)

SEBAGIAN penduduk Florida telah kembali ke rumah mereka setelah bencana hebat akibat Badai Irma. Namun demikian para pejabat memperingatkan bahwa usaha pemulihan akan membuat frustasi dan memerlukan waktu lama. Tim pekerja darurat telah menyelamatkan banyak orang yang menderita karena banjir, memperbaiki jalan, membersihkan puing-puing dan memulihkan aliran listrik. Kehancuran yang diakibatkan oleh Badai Irma lebih besar dari pada yang diperkirakan.

Pemulihan merupakan sebuah proses atau kegiatan yang sering terjadi pada banyak bidang dan dalam diri banyak orang. Pemulihan harus dilakukan untuk banyak hal yang rusak, seperti: rumah atau gedung, jaringan listrik atau tilpun, jalan dan jembatan, satelit, dsb. Pemulihan juga sering dilakukan banyak orang untuk berbagai sarana atau media sosial, khususnya bagi mereka yang lupa dengan akun atau password-nya; ada fasilitas recovery yang disediakan pabrik dan bisa dipergunakan oleh banyak orang.

Pemulihan juga sering terjadi di dalam diri banyak orang, khususnya mereka yang baru sembuh dari sakit, operasi, melahirkan, sunat, dsb. Mereka memerlukan waktu untuk memulihkan kesehatannya atau kesembuhan fisiknya. Ada juga orang yang membutuhkan waktu pemulihan akibat kekerasan, penderitaan, luka batin atau berbagai macam trauma masa lalu. Banyak orang sering tercekam dan terganggu oleh pengalaman buruk masa lalu yang begitu pahit dan menyakitkan. Ada juga orang yang sedang menjalani proses pemulihan akibat jatuh pada obat-obatan dan kecanduan narkoba. Mereka butuh waktu lama untuk membebaskan diri dari ketergantungan pada obat.

Banyak pula pasangan suami dan isteri yang mengalami peristiwa pemulihan dalam keluarganya. Mereka dipulihkan dalam hal relasi dan komunikasi, dalam tugas dan tanggung jawab dalam keluarga, dalam kesepakatan dan tujuan pernikahan yang telah mereka ucapkan, dalam semangat dan motivasi untuk membangun keluarga. Banyak pasangan mengalami konflik, keretakan dan perpisahan karena banyak hal dan alasan. Mereka dipulihkan setelah mengikuti berbagai macam kursus, week end, camp priskat dan waberkat, rekoleksi dan retret.

Nabi Elia telah datang untuk memulihkan segala sesuatu. Anak Manusia juga akan segera datang untuk memulihkan relasi yang terputus antara manusia dengan Allah. Hal-hal apa saja di dalam diriku yang telah rusak dan harus dipulihkan kembali? Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here