Mgr. Rubi Resmi Menjadi ‘Abang’ Para Uskup

0
758 views

Hari ini seluruh Provinsi gerejani berbahagia. Karena uskup-uskupnya menyambutnya Yang Mulia sebagai Uskup Agung Metropolit, yaitu seorang “Abang” bagi semua uskup yang berpautan kepadanya.

“Kami sangat gembira dan bersyukur kepada Tuhan sambil meletakkan atas bahu yang Mulia, sebentar lagi, sang Pallium, yang telah diterimakan oleh Paus Fransiskus pada tanggal 29 Juni yang baru lalu,”kata Duta Besar Vatikan, Mgr. Piero Pioppo saat memulai Perayaan Ekaristi pemberian Pallium kepada Mgr. Rubiyatmoko di Gereja Katedral Semarang, Sabtu, 16 Desember 2017, pkl 16.30.

Mgr. Piero menyebutkan, pallium adalah lambang wewenang pelayanan Yang Mulia, yang dimaksudkan untuk semakin membina pada saudara Uskup, iman, pengharapan dan kasih, seperti halnya pada Paus Fransiskus dalam melayani seluruh umat Katolik tanpa kenal lelah.

Pallium, berwarna putih, memang melambangkan anak domba, yang dibawanya oleh gembala di atas bahunya, namun, ada tanda salib berwarna hitam yang tersulamkan padanya dan mengingatkan akan Salib, yang dengannya Anak Domba Allah membesarkan Gereja-Nya, kata Mgr. Piero.

Kristus Gembala Baik,kata Pioppo hendaknya menyemangati yang Mulia dalam pelayanan sebagai Uskup Agung. “Dan menjadikan Yang Mulia mampu membawa semua kepada Kristus, kehidupan kita, kebangkitan, saudara, Penyelamat kita, yang hidup dan meraja kini dan sepanjang masa. Amen,”ujar Pioppo.

Penulis dan foto : Romo Dadang Hermawan Pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here