Waspadai Romo Gadungan Beredar di Jakarta dan Subang

3
28,691 views

SEBUAH foto yang tersebar di media sosial memberitahukan wajah seorang pria berjubah sedang ngobrol dengan beberapa orang. Kelihatannya seorang pastor, namun tulisan di bawah foto ini memberitahukan bahwa pria berjubah berkepala pelontos ini bukanlah seorang pastor.

“Dia bukan pastor. dan bukan pula calon pastor. Itu gadungan. Pria ini bapa mamanya dari Kei dan Tanimbar,” ujar Romo Patrisius Angwarmas, Ketua Komsos Keuskupan Amboina saat dihubungi Sesawi.Net lewat telepon, Jumat (1/12//2018).

Istimewa

Romo Patris, begitu pria ini biasa disapa lalu mengirimkan jepretan dialog dengan teman-temannya di Keuskupan Amboina dalam satu media pengirim pesan, menyatakan bahwa pria ini asli Sathean, marga Renyaan. Mamanya orang Saumlaki dan selama ini tinggal di Jakarta.

Nama pria ini Yosep Renyaan.

Kabar yang beredar, pria ini mengenalkan dirinya di Paroki Subang sebagai Romo Yos Patiasina dari Keuskupan Amboina (Ambon) dan sedang tugas di Bajawa, Flores, NTT.

Bahkan pria ini, menurut kabar yang beredar juga, sempat memimpin misa di Jakarta beberapa kali dan pada 7 Januari memimpin misa di Subang, Jawa Barat. Parahnya lagi, ia sempat meminjam uang dan menawari  proposal pembangunan gereja di Bajawa, Flores.

“Anda yang menemuinya mesti hati-hati,” ujar Romo Patris.

3 COMMENTS

  1. Dilihat sisi positipnya: bhw ybs memberi contoh pada romo atau pastor berani meninggal zona nyamannya keluar melakukan penginjilan. Jika ada sisi negatifnya gereja mengundang dan menasehati demi perbaikan dan nama baik.

  2. Itu nasib umat yg menerima komuni gimana? Apakah konskerasi Hostinya sah?
    Mohon pencerahannya…
    BTW… Bila betul memimpin misa… Parokinya kecolongan dong.
    Perlu adanya suatu alur utk romo2 yg berkunjung ke daerah yg bukan daerah tugasnya. Mungkin alur seperti militer lebih tepat dan akurat… Setiap anggota TNI yg aktif bila lintas daerah, maka ada surat tugas dan lapor ke daerah yg dituju…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here