61 Tahun Paroki Atsj Keuskupan Agats: Benda-benda Seni di Pastoran dan Sekitarnya (3)

0
183 views
Koleksi seni ukiran kayu khas seniman Asmat di Pastoran Gereja St. Paulus Atsj, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)

ATSJ — nama sebuah paroki di belantara Keuskupan Agats, Papua– adalah lokasi penting darimana dan kemana banyak trayek perjalanan misi ke kawasan pedalaman yang lebih ‘masuk hutan’ biasa dilaksanakan.

Di ‘pusat kota’ Atsj ini boleh jadi tingkat keramaiannya tidak lebih meriah daripada situasi sosial kawasan pedesaan di Jawa. Di sejumlah titik bisa ditemukan aneka barang seni khas ukiran kayu buatan para seniman Asmat.

Salah satunya ada di Pastoran Katolik Gereja St. Paulus Atsj dan di dusun terdekat. Inilah rekaman gambarnya.

Koleksi barang seni khas ukiran kayu karya para seniman lokal Asmat di Pastoran Gereja St. Paulus Atsj, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)
Patung Maria dengan Kanak-kanak Yesus terbuat dari satu gelondongan kayu utuh hasil seni ukir khas Asmat di Atsj. Sayang karena teledor, kaki patung ini terbakar ketika orang lupa mematikan obat nyamuk berapi. (Mathias Hariyadi)
“Kaki Bunda Maria” terbakar. Itulah yang kami lihat di luaran kompleks Gereja St. Paulus Paroki Atsj ketika sebuah patung besar dengan kondisi kaki terbakar karena keteledoran orang lupa mematikan obat nyamuk.
Gaya seni lukis di sebuah dinding sekolah di Atsj. (Mathias Hariyadi)
Karya seni ukir Asmat di Atsj: sebuah patung besar menggambarkan Bunda Maria dan Bayi Yesus dalam pangkuannya. Sayang, kaki patung ini terbakar karena orang teledor lupa mematikan batang obat nyamuk berapi. (Mathias Hariyadi)
Koleksi benda seni khas Asmat di Pastoran Atsj. (Mathias Hariyadi)
Dinding kayu Pastoran St. Paulus Atsj berhiaskan ornamen ukiran kayu khas Asmat. (Mathias Hariyadi)
Patung Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus tergolek di sebuah pondok tak jauh dari Gereja namun kondisi kakinya sudah ‘cacat’ karena terbakar.

61 Tahun Paroki Atsj: Titik Penting di Jalur Transportasi Air di Pedalaman Keuskupan Agats, Papua (2)

Toko benda-benda seni khas Asmat di pedesaan Atsj tak jauh dari Gereja St. Paulus Paroki Atsj, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)
Mengunjungi ‘toko’ rumahan di pedesaan Atsj di mana dipamerkan untuk dijual semua benda-benda seni khas Asmat. (Mathias Hariyadi)
“Toko” benda-benda seni khas Asmat di pedesaan Atsj. (Mathias Hariyadi)
Aneka benda seni khas Asmat ada di Atsj. (Mathias Hariyadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here