61 Tahun Paroki Atsj Keuskupan Agats, Papua: Di bawah Naungan Pohon Kelapa (4)

0
181 views
Naik sepeda dan berjalan kaki di atas jalan berbahan baku papan-papan kayu menjadi pemandangan sehari-hari di Kabupaten Asmat- Keuskupan Agats, tak terkecuali di Atsj. (Mathias Hariyadi)

BULAN Juni 2013, penulis bersama sejumlah aktivis kemanusiaan dari Jakarta (Irene Setiadi, Lily Marcella, dan Hendra Kosasih) plus Sr. Korina OSU dari Asmat, dan Sr. Sylvia KFS dari Pontianak datang menyambangi Paroki Atsj.

Kami bisa berada di Atsj, setelah menempuh perjalanan panjang selama empat jam dengan speedboat dari ‘pusat kota’ Asmat di Kabupaten Agats.

Pemimpin rombongan kami adalah Bapak Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM. Bersama kami ada dua speedboat yang kami pakai selama perjalanan lama dan panjang menyusuri aliran sungai-sungai besar di kawasan pedalaman Agats.

Paroki Atsj menjadi titik singgah perjalanan kami. Baik sebelum dan sesudah perjalanan panjang menuju dan dari Stasi Sagare; lalu berikutnya dari dan menuju Sawaerma dan Yaosakor, kami selalu melakukan stop over di Paroki Atsj.

Selepas istirahat di Pastoran Gereja St. Paulus Atsj, kami berjalan keluar kompleks pastoran menuju perkampungan terdekat, mengunjungi sekolah dan puskesmas, lalu rumah-rumah penduduk.

Berikut ini adalah rekaman gambar atas peristiwa kunjungan tersebut di Atsj.

Halaman sekolah St. Paulus milik Yayasan Pendidikan Yan Smit dengan halaman berumput hijau adalah pemandangan ‘luar biasa’ di Atsj. (Mathias Hariyadi)
Langit biru dengan pendaran sinar matahari yang begitu terik di siang hari di Atsj menjadi hari-hari yang menyenangkan di wilayah pedalaman Keuskupan Agats, Papua. Apalagi di sini ada pepohonan, umumnya kelapa dan jenis pohon lainnya khas hutan.
Pohon nyiur di ketinggian langit biru. (Mathias Hariyadi)
Bangunan sekolah di bawah naungan pepohonan kelapa dan langit nan biru. (Mathias Hariyadi)
Pohon ini rindang karena tanahnya lebih keras dibanding lahan lainnya yang sering basah karena efek air laut pasang.

61 Tahun Paroki Atsj Keuskupan Agats: Benda-benda Seni di Pastoran dan Sekitarnya (3)

Bangunan sekolah Katolik St. Paulus asuhan Yayasan Yan Smit. (Mathias Hariyadi)
Sekolah St. Paulus Yayasan Yan Smit milik Keuskupan Agats di Distrik Atsj.
Halaman depan sekolah dengan hamparan rumput hijau menjadi pemandangan eksotik di Atsj, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)
Sekolah Katolik St. Paulus di Distrik Atsj. (Mathias Hariyadi)
Hamparan rumput menghijau di depan bangunan sekolah Katolik St. Paulus Yayasan Yan Smit.
Selain pohon kelapa, juga ada pepohonan lain bisa hidup di Atsj.
Lorong sekolah.
Masyarakat berjalan di atas jalan papan.
Senyum ramah orang Asmat di Atsj.
Bersepeda di atas jalan papan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here