banner pilpres

About SESAWI.Net

Sesawi.Net: Membaca Peristiwa

dalam Perspektif Iman

 

PERISTIWA –apa pun bentuknya—hanya akan menjadi sampah, bila tidak ditelisik kembali untuk dikaji dan kemudian diarsipkan dalam wujud sebuah pemberitaan. Persoalannya adalah bagaimana kita harus  mendokumentasikan rentetan aneka macam peristiwa itu dalam bentuk sebuah dokumentasi yang berguna untuk khalayak ramai? Mau tidak mau, dokumentasi itu harus dibuat dalam bentuk narasi. Dan narasi bisa berupa saja berupa paparan berita, galeri foto, puisi, esai, kritik.

Masing-masing media tentu memiliki perspektif dan cara pandangnya sendiri dalam memaknai setiap peristiwa dan kemudian mendokumentasikannya dalam wujud berita atau kabar. Sesawi.Net sebagai media berita online katolik tentunya mengusung perspektif iman katolik dalam mencermati semua peristiwa yang tergelar di depan mata.

Perspektif katolik

Sesawi.Net ingin mencatat aneka ceceran peristiwa atau kejadian –barangkali sangat sepele, kecil, dan tak mencolok–  dengan perspektif iman katolik. Di situ ada tahap refleksi iman yang bertujuan tak hanya membeberkan peristiwa. Lebih dari itu, Sesawi.Net juga ingin memberi makna atas berbagai hal yang perlu kita dokumentasikan sebagai berita. Merekonstruksi sebuah peristiwa dan memberi bingkai makna iman adalah kegiatan Sesawi.Net sebagai media berita katolik online.

Sesawi.Net dengan demikian menjadi panggung kreasi bagi segenap mantan anggota Serikat Yesus (Yesuit) yang peduli akan pentingnya mewartakan peristiwa dalam perspektif iman katolik dan semangat Ignatian. Para pembaca bisa memaknai isi Sesawi.Net ini tidak hanya sebagai paparan berita semata. Namun lebih dari itu, Sesawi.Net juga diharapkan menjadi cahaya kehidupan dalam perspektif iman.

Sesawi.Net lahir dari rahim bernama Perkumpulan Sesawi yakni forum silahturami dan komunikasi antarsesama warga Ignatian di seluruh Indonesia. Ini berarti Sesawi.Net dikelola oleh para mantan Yesuit; tidak penting apakah mereka itu dulunya frater atau bahkan romo. Yang penting, para pengelola Sesawi.Net ini adalah mereka yang pernah mengikuti pendidikan spiritualitas Yesuit dan Retret Agung 30 Hari di Novisiat SJ Girisonta, Ungaran, Jawa Tengah.

Bacalah dan semoga menjadi tercerahkan (Read and get inspired) menjadi pelecut etos Sesawi.Net dalam menekuni karya pewartaan iman. Sekalipun sudah tidak menjadi seorang Yesuit, roh dan semangat sama masih menjiwai para awak Sesawi.Net. Mereka masih semangat untuk terus berkarya bersama Gereja membangun tatanan dunia yang lebih beradab agar –seperti kata pendiri Ordo Serikat Yesus Santo Ignatius Loyola—nama Allah semakin dimuliakan (Ad maiorem Dei gloriam).

Terbit perdana  4 Juni 2011, Sesawi.Net  dikelola oleh para mantan Yesuit dengan berbagai latar belakang profesi dan keahlian. Meski beragam profesi dan kesibukan pekerjaannya, namun satu hal telah kembali “menyatukan”  mereka dalam satu gerak langkah bersama, yakni semangat berbagi iman melalui karya intelektual dengan menulis, berefleksi, dan bernarasi.

Meski Sesawi.Net diasuh oleh para mantan Yesuit, tidak berarti kami menutup diri dari para penulis/kontributor lain. Sebaliknya, Sesawi.Net selalu menyambut gembira sekalian anggota umat beriman –terlebih kaum awam— yang ingin berpartisipasi berbagi cerita, syering iman, bernarasi, dan merefleksikan aneka hal dalam perspektif iman katolik.

Di belakang meja

Layaknya setiap media yang harus profesional, Sesawi.Net pun juga dikelola oleh para mantan Yesuit yang sudah mengakrabi dunia pers karena pekerjaannya dan profesinya.  Di antaranya Mathias Hariyadi, Abdi Susanto, Damar Harsanto, Augustinus Widya Putranto, Anton Sulistiyanto, Andreas Hendra, Mispan Indarjo, Royani Lim, Setiyadi Arfiyanto.

Dengan ketrampilan dan kecakapannya, setiap anggota  ikut memberi sumbangan berarti dalam pengelolaan Sesawi.Net ini secara profesional dalam proses editing naskah/berita, manajerial keuangan, tata kelola IT, dan hal-hal lain.

Lantaran tetap bersemangat ingin terus mewartakan Kabar Gembira dan meyakini besarnya daya kekuatan/pengaruh tulisan (the power of writing), maka Sesawi.Net harus lahir dan berkembang. Semoga kehadiran Sesawi.Net bisa menjadi sumber inspirasi pembaca dalam memaknai rentetan peristiwa sehari-hari dalam cahaya iman.

Sumbangan tulisan, puisi, foto, kisah iman, syering pengalaman beriman bisa dikirim melalui email kepada redaksi@sesawi.net dan kami akan mengolah tulisan itu agar enak dibaca dan memberi perspektif iman.

Sesawi.Net  adalah sahabat Anda untuk berbagi iman.