Album: Eloknya Gereja Kristus Raja Katedral Sintang – Kalbar dari Tepi Sungai Kapuas (2)

1
2,001 views
Gereja Kristus Raja - Katedral Sintang di Kalimantan Barat dari sisi tepi Sungai Kapuas. (Ist)

INILAH album kedua berisi rekaman gambar visual bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang di Kalimantan Barat yang baru saja diresmikan oleh Bapak Gubernur Kalbar Cornelis MH dan diberkati oleh Mgr. Agustinus Agus — Uskup Agung Keuskupan Pontianak.

Peristiwa peresmian dan pemberkatan bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang di tepian Sungai Kapuas ini telah berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 Oktober 2017 pekan lalu.

Baca juga:

Sekedar catatan ringkas mengenai Keuskupan Sintang di Provinsi Kalimantan Barat. Keuskupan Sintang adalah keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Pontianak.

Keuskupan Sintang berpusat di Kota Sintang, Kalimantan Barat.

Wilayah Keuskupan Sintang terletak di bagian hulu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, meliputi tiga Kabupaten Provinsi Kalimantan Barat: Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu, dengan luas wilayah 62.120 km².

Jumlah penduduk di wilayah Keuskupan Sintang, menurut sensus 1980, sebanyak 391.926 jiwa. Jumlah orang katolik dan yang mengaku katolik sebanyak 130.966 jiwa (153.723 pada 2004), atau 33,4% dari jumlah penduduk dalam wilayah Keuskupan Sintang.

Uskup Keuskupan Sintang saat ini adalah Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap yang menerima tahbisan episkopalnya di Sintang pada tanggal 22 Maret 2017 di Stadion Baning di Sintang. Sebelum mengemban jabatan Uskup Keuskupan Sintang, Mgr. Samuel Oton Siddin OFMCap berkarya pastoral di Gereja St. Fransiskus Assisi di Tebet – Jakarta Selatan sebagai Kepala Pastor Paroki. Beberapa tahun sebelumnya, beliau menjabat Minister Provinsial Ordo Fransiskan Kapusin (OFMCap) Provinsi Pontianak selama tiga kali periode.

Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap menerima penghargaan Kalpataru dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 5 Juni 2012. Penghargaan dari Pemerintah RI ini diberikan atas kiprahnya telah melestarikan lingkungan dan merawat aneka tetumbuhan aseli khas Kalimantan di Rumah Pelangi di kawasan Dusun Gunung Benuah, Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Berikut ini rekaman gambar visual bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang yang indah. Di sini kita bisa menyaksikan kontur gagah bangunan Gereja Katedral Sintang ini ketika dijepret dari tepi Sungai Kapuas dan dari beberapa titik jepretan lainnya oleh Seksi Dokumentasi Keuskupan Sintang.

Foto-foto ini dikirim oleh Bapak Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus kepada Redaksi Sesawi.Net pada hari Senin siang tanggal 16 Oktober 2017.

Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Cornelis MH (keempat dari kanan) bersama isteri usai melakukan peresmian bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang di Kalbar, Sabtu tanggal 14 Oktober 2017. (Ist)
Bapak Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap membubuhkan tandatangannya di atas batu prasasti usai acara peresmian bersama Bapak Gubernur Provinsi Kalbar Cornelis MH (tengah) dan disaksikan oleh Bapak Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus. (Ist)
Lukisan pada dinding langit-langit kubah gereja. (Ist)
Ki-ka: Gubernur Provinsi Kalbar Cornelis MH, Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap, Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus. (Ist)
Sudut-sudut bangunan gereja di lantai satu dan dua. (Ist)
Bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang di Provinsi Kalimantan Barat. (Ist)
Bapak Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus –mantan Uskup Keuskupan Sintang dan Administrator Keuskupan Sintang– bersama Mgr. Pius Riana Prapdi dari Keuskupan Ketapang. (Ist)
Bersama segenap umat dan imam di Keuskupan Sintang, Kalbar. (Ist)
Bapak Uskup Keuskupan Sintang di Kalbar Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap membubuhkan tandatangannya disaksikan Mgr. Agustinus Agus dari Keuskupan Agung Pontianak dan Mgr. Pius Riana Prapdi dari Keuskupan Ketapang – Kalbar. (Ist)
Altar utama Gereja Kristus Raja Katedral Sintang, Kalbar. (Ist)
Sudut-sudut lantai satu bangunan Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang di Kalimantan Barat. (Ist)
Ornamen khas budaya lokal.
Mgr. Agustinus Agus tengah memberi homili saat misa pemberkatan bangunan Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang. (Ist)

Ramainya khalayak umat katolik setempat di Sintang mengikuti acara peresmian bangunan baru Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang.
Tiga Uskup dari Kalimantan Barat (Sintang, Pontianak, dan Ketapang) bersama para pejabat lokal di Kalimantan Barat.
Tabernakel dengan motif ukiran lokal.
Sudut-sudut bangunan gereja dari luar jendela. (Ist)
Mgr. Agustinus Agus membubuhkan tandatangannya di batu prasasti disaksikan oleh Mgr. Pius Riana Prapdi dari Keuskupan Ketapang. Di sebelah kiri adalah Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap — Uskup Keuskupan Sintang, Kalbar.
Petugas liturgi melakukan gladi resik sebelum acara peresmian dan pemberkatan. (Ist)
Sungai Kapuas dan Gereja Kristus Raja – Katedral Sintang. (Ist)
Gubernur Provinsi Kalbar Cornelis MH bersama nyonya (ketiga dan kedua dari kanan) bersama empat uskup dari wilayah Kalimantan Barat. Di deretan bawah ada Mgr. Agustinus Agus dari Keuskupan Agung Pontianak dan Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap dari Keuskupan Sintang. Di deretan atas ada Mgr. Giulio Mencuccini dari Keuskupan Sanggau dan Mgr. Pius Riana Prapdi dari Keuskupan Ketapang –keduanya dari Provinsi Kalbar. (Ist)
Menikmati indahnya bangunan gereja dari lantai dua. (Ist)
Bangunan Gereja Kristus Raja Katedral Sintang dan Sungai Kapuas.
Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Cornelis MH membubuhkan tandatangannya di batu prasasti disaksikan Bapak Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap (kiri) dan Bapak Uskup Agung Keuskupan Pontianak Mgr. Agustinus Agus (kanan).
Tandatangan di atas batu prasasti oleh Mgr. Agustinus Agus Pr dari Keuskupan Agung Pontianak disaksikan oleh Gubernur Provinsi Kalbar Cornelis MH (tengah) dan Bapak Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap. (Ist)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here