Belajar

0
62 views
Para suster lintas tarekat belajar bersama untuk meningkatkan kompetensi masing-masing sebagai guru di tempat di mana mereka berkarya sebagai tenaga guru di TK.

MANUSIA berkembang dan semakin manusiawi lewat belajar, karena manusia itu makhluk pembelajar. Seluruh hidupnya pada dasarnya sekolah baginya untuk menyempurnakan diri.

Dua hal, yang manusia perlu terus pelajari.

  • Pertama, semua yang akan memperkaya, mengisi dan mempertajam akal-budinya. Itulah “knowledge” dan “skill” yang mereka peroleh lewat pengajaran.
  • Kedua, segala yang membentuk kehendak dan membangun karakter pribadinya. Karakter dibentuk dalam proses pendidikan.

Idealnya, pengajaran dan pendidikan seiring-sejalan dan saling melengkapi. Pengajaran tanpa pendidikan akan menciptakan generasi cerdas-pandai, tetapi kurang ajar, tidak mengerti etika dan tanpa sopan-santun.

Pendidikan tanpa pengajaran bisa jadi melahirkan manusia sopan, saleh dan taat, tetapi bodoh. Ini modal untuk sikap fanatik-buta. Berbahaya.

Dua aktivitas di atas membutuhkan kedisiplinan. Karena itu murid disebut “discipulus” atau “disciple”. Untuk menjadi murid yang baik mereka menguasai mata pelajaran atau “disciplina”. Agar berhasil dalam proses mempelajari “disiciplina”, orang mesti berdisiplin.

Disiplin diperlukan ketika murid diajar dan dihajar. Pengajaran membutuhkan disiplin berpikir seperti logika.

Pendidikan terjadi antara lain lewat hajaran. Murid yang baik siap diajar dan dihajar. Bukankah Allah mengajar dan menghajar mereka yang dikasihi-Nya dan yang dianggap sebagai anak-anak-Nya?

Proses itu menyakitkan dan kerapkali dihindari; bahkan dibenci. Bukan hanya oleh para murid, tetapi juga oleh pendidik (orangtua, guru dan dosen). Hanya mereka yang bertahan dalam proses diajar dan dihajar bakal menjadi manusia cerdas dan berintegritas serta pinter dan berkarakter.

Anak-anak yang malas belajar dan manja biasanya jarang menjadi pribadi dewasa yang matang hidupnya.

Malang, 6 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here