Breaking News: Romo Karl Edmund Prier SJ Dibacok, Saat Pimpin Misa di Kapel St. Lidwina Bedog – Yogyakarta

0
22,233 views
Pasca insiden pembacokan terhadap Romo Prier SJ di Kapel Stasi St Lidwina Bedog Yogyakarta. (Ist)

BERITA menyedihkan kali ini terjadi di Kapel St. Lidwina Bedog yang secara administrasi gerejani masuk wilayah Gereja Hati St. Maria tak Bercela – Paroki Kumetiran – Yogyakarta.

Kapel St. Lidwina Bedog berlokasi tidak jauh dari pohon beringin di Jl. Kabupaten; Kwarasan di Jl Godean ke arah utara menuju Ring Road Utara bagian barat.

Saat tengah memimpin Perayaan Ekaristi hari Minggu pagi tanggal 11 Februari 2018 pada misa pukul 07.30 WIB, seorang tak dikenal melakukan serangan membabi-buta bersenjatakan pedang.

“Semacam samurai, begituah,” ungkap umat Stasi Bedog kepada Sesawi.Net.

Awalnya, kata dia, oknum tak dikenal ini membuat keributan dengan berteriak-teriak di halaman luar. Tiba-tiba sembari tetap mengeluarkan kata-kata teriakan, sang pelaku langsung melakukan serangan membabi buta.

“Salah seorang bapak yang tengah menggendong anaknya terkena sabetan pedang. Posisinya ada di halaman luar,” ungkap saksi mata kepada Sesawi.Net.

Seorang saksi mata lainnya menambah informasi sebagai berikut.

Saat itu, katanya, ia ada di jajaran bangku di dalam gedung gereja di posisi dekat pintu.

Ketika terjadi teriakan di luar, konsentrasi umat sudah mulai buyar.

“Namun Romo Prier seperti tak terlalu terpengaruh dengan situasi tersebut. Prosesi misa tetap berlanjut dengan mendoakan Kemuliaan,” terang X ini.

Sang pelaku, tetap dengan berteriak-teriak, lalu merangsek masuk ke dalam gereja di bagian dalam, kemudian naik ke panti altar dan kemudian mengayunkan samurai ke arah Romo KE Prier SJ.

“Beliau mengalami luka sabetan di bagian punggung dan kepala bagian belakang,” tutur Saksi X.

Ia lalu berlari keluar dari bangunan dalam gereja.

Sejenak kemudian, ia kembali masuk dan melihat Romo Prier masih bisa berjalan.

Romo Karl-Edmund Prier SJ – Direktur PML

Kini, Romo Prier sudah dibawah ke RS Panti Rapih Yogyakarta.

Romo Karl Edmund Prier SJ adalah misionaris Jesuit asal Jerman dan ahli musik liturgi. Beliau adalah pendiri Pusat Musik Liturgi (PML) yang kantornya berada dalam satu kompleks dengan Kampus Prodi IPPAK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta di Jl. Ahmad Jazuli, Kotabaru, Yogyakarta.

Rektor Rumah Residensial SJ – Komunitas Bener Romo Joseph Ispuroyanto Iswarahadi SJ baru saja tiba di Jakarta Minggu pagi ini,  ketika insiden penyerangan terhadap Romo Prier SJ ini terjadi.

Romo Prier SJ, Direktur PML, adalah anggota Komunitas SJ Bener.

Menurut database Sesawi.Net, penyerangan dengan kekerasan kepada pastor saat tengah memimpin Perayaan Ekaristi ini merupakan insiden kedua kalinya di Indonesia.

Pada saat memimpin misa di Gereja St. Joseph di Jl. Mansyur, Kota Medan, tanggal 28 Agustus 2016, Pastor Albertus Pandiangan OFMCap diserang oknum tak dikenal bersenjatakan pisau.  Pastor mengalami luka sayatan namun tidak terlalu serius.

Bapak Uskup Agung Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap dan Romo Albertus Pandiangan OFMCap mengampuni pelaku.

Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap Ampuni Pelaku Penyerangan Romo Albert Pandiangan OFMCap

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here