CU Kasih Sejahtera KP Pantura, Solusi Berdayakan Ekonomi Umat Atambua

0
1,226 views
Pendampingan KOMBAS

SUATU gerak langkah maju ditunjukkan oleh Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Atambua. Betapa tidak, pada tanggal 26-30 November 2006 silam terjadilah kesepakatan dengan Uskup Atambua waktu itu (Mgr. Anton Pain Ratu, SVD, Red) agar Komisi PSE memfasilitasi pengadaan Credit Union dengan tata kelola profesional.

66b52786-48dd-4f9d-b88d-ec514d62fc29Untuk merealisasikan maksud tersebut, Uskup Anton mengirim tiga utusan untuk magang di Credit Union Pancur Kasih di Pontianak (6/2/2007-13/3/2007). Alhasil, segera sesudah itu tepat tanggal 8 Juni 2007 berdirilah Kopdit (Koperasi-Kredit) di Keuskupan Atambua. Kopdit ini didirikan oleh 92 orang pendiri dan dikukuhkan oleh Uskup Anton dengan nama “Credit Union Kasih Sejahtera”. CU Kasih Sejahtera ini selanjutnya meminjam gedung Kantor Komisi PSE Keuskupan Atambua sebagai Kantor Pusatnya.

Perlahan namun pasti CU Kasih Sejahtera ini terus berkembang di seluruh wilayah Keuskupan Atambua. Pekembangan ini ditandai dengan dibukanya KP (Kantor Pelayanan) di beberapa titik. Ada KP Atambua, KP Kefa, KP Betun, KP Insana, KP Halilulik, KP Noemuti, KP Lakaan, KP Manulea dan untuk wilayah Dekenat Mena ada KP PANTURA.

778a9d17-9352-4213-b4d0-4babce56c94bPada umumnya semua Kantor Pelayanan memberikan pelayanan yang sama kepada setiap anggotanya. Namun tetap saja ada kekhasan masing-masing. KP PANTURA secara khusus memfokuskan pelayanan mereka pada upaya pengembangan hasil-hasil pertanian, peternakan, dan potensi-potensi kelautan serta pengembangan kerajinan tenun ikat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala KP Pantura, Ell Taolin, SE ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/9/2016).

“Sebagian besar anggota CU di wilayah Pantura ini bermatapencaharian sebagai petani, peternak dan nelayan. Selain itu sebagian dari mereka juga memiliki ketrampilan membuat tenun ikat. Karena itu fokus pelayanan kita lebih menjangkau orang-orang ini dengan segala hasil dan potensi yang ada”ungkapnya.

a9e2d616-dad4-4e25-9627-f4ac012f8759“Upaya yang sementara ini kami galakkan adalah mengembangan hasil pertanian, peternakan dan potensi-potensi laut serta hasil tenunan dari para anggota. Secara lebih konkrit kami coba memotivasi para anggota untuk membuat kelompok-kelompok pengembangan usaha bersama, yang dikenal dengan istilah KOMBAS (Komunitas Basis). Dan sejauh ini, kelompok-kelompok itu sudah berjalan. Hasilnya cukup membantu mengembangkan ekonomi setiap anggota”, urainya.

Arti Credit Union 
Credit berasal dari kata credere (Latin) yang artinya percaya. Sedangkan Union artinya perkumpulan atau persatuan. Secara singkat, Credit Union adalah kumpulan orang-orang yang saling percaya. Pada umumnya hakikat gerakan Credit Union adalah memanusiakan manusia dengan pendasaran pada prinsip kristianitas.

Dari penjabaran arti ini, Kopdit CU Kasih Sejahtera lantas membuat Visi dan Misi demikian :
Visi : Menjadi lembaga pemberdayaan yang terpercaya dan profesional berbasis komunitas di wilayah Keuskupan Atambua.
Misi : Meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pendidikan dan pelatihan yang bermutu, pelayanan keuangan prima dan pendampingan yang berkelanjutan.

Visi dan Misi inilah yang menjiwai setiap pegawai maupun anggota CU Kasih Sejahtera untuk melihat bahwa gerakan CU bukanlah gerakan akumulasi modal seperti perbankan, atau gerakan untuk mencari keuntungan; akan tetapi lebih kepada memanusiakan manusia dengan prinsip dasar kristianitas.

Tujuan dan Sasaran
Kopdit CU Kasih Sejahtera KP Pantura dengan caranya yang khas telah berjuang merealisasikan Visi dan Misi yang telah digariskan dari Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera di Atambua. Terkait dengan hal itu, Kepala KP Pantura kembali ditanyai tentang tujuan dan sasaran keberadaan CU Kasih Sejahtera di wilayah Dekenat Mena.

Ia menuturkan bahwa CU di wilayah dekenat ini sudah cukup berkembang karena tujuan dan sasaran keberadaannya mulai terasa. “Tujuan dan sasaran kami adalah memberdayakan, membebaskan orang miskin di wilayah dekenat Mena ini yang adalah masyarakat marginal, inferior serta tertindas secara ekonomis”, ungkapnya.

“Selain itu agar semua anggota dapat menjadi manusia yang sejahtera, bermartabat serta berdaulat atas hidupnya sendiri. Saya menilai tujuan dan sasaran yang sudah saya katakan sebelumnya, sudah mulai kelihatan di wilayah Dekenat Mena ini”, tambahnya.

Selamat dan Proficiat CU Kasih Sejahtera KP Pantura. Maju terus dalam pengembangan ekonomi bagi Umat di Dekenat Mena.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here