Indonesian Youth Day 2012: Jadilah Motor Perubahan, Pesan Mgr. Pandoyoputro pada Kontingen OMK Malang (2)

1
2,016 views

INDONESIAN Youth Day (IYD) 2012 di Sanggau sungguh menjadi acara yang sangat menarik bagi OMK di Indonesia. Pertemuan OMK se Indonesia untuk menjalin jejaring, saling mengembangkan iman, serta berproses ‘menjadi sesama’ ini menjadi perhatian serius OMK di Indonesia di semua Keuskupan.

Konon kabarnya pertemuan ini bakal dihadiri oleh lebih dari 3-000an OMK se Indonesia. Termasuk di dalamnya OMK dari Keuskupan Malang.  

Keuskupan Malang mengirimkan 45 orang peserta, termasuk di dalamnya 4 orang romo yakni Romo Adhi Pr, Romo Eko Putranto O’Carm, Romo Kus O’Carm, dan Romo Utus O’Carm, dan 2 orang biarawat yakni Sr. Paularita dan Sr Christiani.

Persiapan sudah dilakukan sejak awal Agustus 2012 dimana dilakukan pembentukan panitia kecil, persiapan festival budaya dan materi mengenai IYD. Peserta benar-benar dipilih dari paroki di seluruh wilayah administrasi gerejani Diosis  Malang. Para peserta telah dipersiapkan melalui 2 kali retret, serta dimantapkan pada retret ke-3 yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober di Pusat Pastoral UNIO Malang.

Pada retret yang ke 3 tersebut, Uskup Malang Mgr. Herman Joseph Pandoyoputro O’Carm berkenan hadir untuk mengantar rombongan OMK Malang, melalui misa khusus konselebrasi bersama 2 imam yakni  Romo Adhi dan Rm Kus. 

Dalam homilinya Monsinyur Pandoyoputro mengingatkan peserta bahwa IYD ini adalah perziarahan OMK untuk semakin mengenal Kristus. Bukan hanya sekedar mengikuti pertemuan. Namun di balik itu semua IYD menjadi sarana pengenalan Kristus yang lebih dalam, serta menjadi sarana untuk merefleksikan iman baik secara pribadi maupun komunitas.

Monsinyur juga berpesan agar semangat yang ada tetap terjaga, dan nanti ketika pulang rekan rekan dapat menularkan semangat tersebut kepada OMK lain di paroki masing masing.

Motor perubahan
Monsinyur mengakhiri homilinya dengan berpesan OMK harus mulai bergerak,dan membuat perubahan, dan hal tersebut menjadi salah satu concern  IYD. Selain itu Monsinyur menyampaikan bahwa IYD menjadi perhatian Bapa Suci. Bahkan Bapa Suci Paus Benedictus XVI telah berkenan menganugerahkan berkat apostolik dan berkat indulgensi kepada acara tersebut dan seluruh peserta yang terlibat di dalamnya.

Berkat tersebut diberikan melalui misa pada hari itu.

Akhir kata Monsinyur menutup homili dengan berkata “Selamat jalan, semoga sehat,dan saling membantu.”

Photo credit: Uskup Diosis Malang Mgr. Herman Joseph Pandoyoputro O’Carm (Majalah Hidup)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here