Jambore Nasional SEKAMI 2018 di Keuskupan Agung Pontianak: Tarian Pelangi Nusantara (4)

0
601 views
Tarian Pelangi Nusantara menjadi menu utama di acara pembukaan Jambore Nasional SEKAMI 2018 di Keuskupan Agung Pontianak, 3-6 Juli 2018. (Mathias Hariyadi

TARI adalah ekspresi jiwa dan konten seni dalam balutan gerakan tubuh dengan irama bunyi musik sebagai pengiringnya. Dalam prosesi pembukaan Jambore Nasional SEKAMI 2018 ini, tarian menempati porsi besar sebagai menu acaranya.

Salah satunya adalah Tarian Pelangi Nusantara.

Kebhinnekaan Indonesia

Sesuai dengan namanya, tarian ini mengusung konsep  Nusantara alias Indonesia dengan ciri kebhinekaannya. Karena itu, konten utama tarian ini adalah menyuguhkan fakta bahwa Indonesia ini terdiri dari aneka masyarakat, lengkap dengan semua kekayaan budaya, tata nilai, dan keseniannya.

Majemuk dan aneka ragam budaya mengisi roh kebhinekaan Indonesia.

Tarian Pelangi Nusantara ingin menyuguhkan konsep pemikiran besar di atas. Kali ini, tarian ini disebut oleh 175 penari –sesuai angka HUT ke-175 SEKAMI Internasional.

Berikut ini rekaman pernak-pernik persiapan digelarnya Tarian Nusantara dan saat ke-175 penari berbagai usia ini menyemarakkan suasana pembukaan Jambore Nasional SEKAMI 2018 di Keuskupan Agung Pontianak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here