Kardinal Tagle Tinggalkan Filipina Mengemban Tugas Baru di Vatikan

0
132 views
Kardinal Tagle dan pastor sekretarisnya. (Ist)

USKUP Keuskupan Agung Manila, Filipina, Luis Kardinal Antonio Tagle, merayakan Perayaan Ekaristi terakhirnya sebagai Uskup Agung Manila, Minggu pagi, sebelum terbang malam harinya ke Roma. Dalam waktu dekat, ia akan menjalankan tugas barunya menjadi Praefek Kongregasi Vatikan untuk Penginjilan Bangsa-bangsa.

“Malam ini, saya mengucapkan selamat tinggal. Pekerjaan baru saya akan dimulai pekan ini. Merupakan suatu kehormatan dan berkah karena mengenal Anda dan telah bekerjasama dengan Anda. Saya akan selalu menghargai waktu saya dengan Anda. Anda dapat mengandalkan doa-doa saya,”,kata Kardinal Tagle kepada umat di Katedral Maria Immaculatta Manila, 9 Februari 2020.

“Tolong doakan saya dan tugas saya juga. Mari kita berdoa memohon kepatuhan kepada Roh Kudus ketika kita melanjutkan hidup kita sebagai Keuskupan Agung, dan menunggu Uskup Agung berikutnya. Tetap sehat dan ceria,”tambah Kardinal berusia 62 tahun itu.

Pada akhir misa, Pastor Reginald Malicdem, Sekretaris Pribadi Kardinal dan sekaligus Pastor Katedral, menghancurkan lambang keuskupan , sebuah tradisi di katedral ketika seorang Uskup Agung mengakhiri masa jabatannya.

“Ini adalah sumber kebanggaan dan kegembiraan bagi kami, karena Anda menjadi Uskup Agung kami ke-32 dalam 441 tahun Keuskupan Agung Manila,” Pastor Kata Malicdem.


“Katedral Manila akan merindukan suara Anda,” kata Pastor Malicdem memberi tahu Tagle.

“Jika Anda kebetulan berada di Manila, ketahuilah bahwa pintu-pintu Katedral Manila selalu terbuka untuk Anda, dan akan selalu menyenangkan bagi kami untuk memberi tahu Anda ‘selamat datang di rumah’. Terima kasih banyak, Kardinal Chito,” lanjut Malicdem.

Sumber: https://www.vaticannews.va/en/church/news/2020-02/tagle-farewell-manila-vatican-egangelization-peoples.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here