Kecaman Kasih

0
234 views
Kekuasaan dan kritik politik by Ist


Rm 2: 1-11 dan Luk 11: 42-46

Orang-orang Farisi dimarahi Yesus, karena mereka mementingkan hal-hal lahiriah (casing) semata. Sedangkan hal yang penting, yakni keadilan dan kasih Allah diabaikan.

Mereka sangat memperhatikan adat kebiasaan, kedudukan, dan penampilan yang hebat, tetapi isinya seperti kubur. Ada perilaku munafik dan jahat yang diperlihatkan oleh orang-orang Farisi yang sengaja diangkat Yesus.

Sifat munafik itu meminta orang lain melakukan sesuatu yang mereka sendiri tidak lakukan. Sikap jahat itu nampak dalam, menuntut agar mendapat penghormatan yang seharusnya tidak didapatnya.

Dua sikap ini yang dikecam Yesus. Ini kecaman Yesus, sekaligus kasih yang diperlihatkan Yesus kepada orang Farisi. Yesus mengecam karena kasih.

Sikap munafik juga menunjukkan ketidakjujuran dan ketidaktulusan, tidak ada kecocokan antara lahir dan batin. Sikap ini mesti diwaspadai oleh setiap pengikut Yesus. Murid Yesus hendaknya menghindari sikap munafik dan gila hormat.

Dari murid Yesus dituntut sikap mengutamakan sifat dan tindakan yang mengutamakan kasih dan keadilan dalam hidup sehari-hari.

Doaku: Ya Tuhan Yesus, mampukan dan semangati aku untuk selalu siap sedia memperjuangkan keadilan dan mengamalkan kasih dalam hidupku sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here