Lentera Keluarga – Berdoa Dengan Tidak Jemu-Jemu

0
166 views

Tahun C-1. Pekan Biasa XXIX.
Minggu, 20 Oktober 2019.
Bacaan: Kel 17:8-13; Mzm 121:1-2.3-4.5-6.7-8; 2 Tim 3:14-4:2; Luk 18:1-8.

Renungan:

BANYAK pendengar Tuhan Yesus memahami bahwa mereka berdoa terus menerus tetapi tidak dikabulkan. Maka secara kontras, Tuhan Yesus membandingkan antara seorang Hakim dan Allah Bapa. Hakim yang berkualitas tidak takut akan Allah dan tidak menghormati siapapun saja luluh karena seorang janda, yang de fakto tidak bisa diambil keuntungan daripadanya. Hakim ini membantu orang dengan tujuan supaya orang tidak menyusahkannya lagi. Dan itu sangat jauh dari sikap Allah.

Mazmur hari ini dengan indah menunjukkan bagaimana pertolongan Tuhan ada untuk kita “Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap”…”matahari tidak menyakiti engkau di waktu siang, dan tidak pula bulan pada waktu malam”. Allah Bapa tidak pernah mengulur-ulur waktu. Ia segera akan bertindak. Hanya satu yang Tuhan Yesus minta yaitu “iman”. 

Tidak mungkin seorang pasien memberi nasihat kepada Dokter apa yang harus dilakukan seorang dokter ketika pasien menderita. Atau tidak mungkin seorang murid memberitahu Gurunya bagaimana cara mengajarnya supaya pandai; atau seorang klien memberi nasihat bagaimana seorang psikolog harus membantunya menyelesaikan masalah. Dan kadang hal ini kita lakukan. Maka yang kita perlukan adalah “iman”. Percaya dan setia pada petunjukkanNya dan rencanaNya. 

Kontemplasi:

Renungkanlah perbandingan antara sikap hakim dan sikap Allah dalam mendengarkan orang yang berseru kepadaNya.

Refleksi:

Apakah dalam doa-doaku, aku lebih mendengarkan dan mentaati rencana Allah? Ataukah aku masih mengatur Allah dengan pikiranku dan keinginanku?

Doa: 

Ya Bapa, semaoga dalam doa-doaku, aku lebih semakin mendengarkan dan semakin taat pada kehendak dan rencanaMu. 

Perutusan:

Lebih mendengar dan taat di dalam doa dengan tekun, karena Allah tahu apa yang anda perlukan. 

(Morist MSF)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here