Lentera Keluarga – Ia ada di tengah kita

0
313 views

Tahun C-1,
Rabu, 2 Januari 2019.
Bacaan: 1 Yoh 2:22-38; Mzm 98:1-4; Yoh 1:19-28.

Renungan

YOHANES Pembaptis mengungkapkan kehadiran Kristus dengan mengatakan “Ia yang ada di tengah-tengah kalian – kalian tidak mengenalNya.” Menjadi pertanyaan besar mengapa justru orang-orang yang unggul dalam agama, yang menghabiskan sebagian besar waktu untuk urusan agama, justru “tidak mengenal kehadiran Kristus” yang sudah ada di antara bangsa Israel.

Tahu dan mengenal adalah hal berbeda. Kita bisa tahu banyak tentang Kristus tetapi belum tentu kita mengenalNya. Mengenal mengandaikan perjumpaan pribadi, berbagi hidup dan menjadikanNya sebagai bagian hidup kita.

Suami isteri bisa tahu banyak tentang Kristus tetapi juga harus tahu bahwa Ia mengasihi kita melalui dan dalam diri pasangan kita. Kita sebagai satu keluarga bisa tahu banyak soal agama, tetapi juga harus tahu bahwa Kritus hadir bersama kita fala  keakraban dan kebersamaan kita bersama keluarga. Sebagai jemaat, kita tahu tentang Kristus, tetapi kita juga dapat mendengar pengajaran dan penyertaan-Nya melalui para gembala yang mendampingi kita dari baptis sampai pada akhir hidup kita. Kita para gembala belajar banyak dan tahu banyak tentang Kritus, tetapi juga kita harus mampu melihat kehadiranNya dalam saudara-saudari kita yang lemah, letih dan berbeban berat.

Kontemplasi

Gambarkan bagaimana Yohanes Pembaptis mengungkapkan kehadiran Kristus di tengah-tengah umatNya yang tidak mengenalNya.

Refleksi

Apakah aku mengenal kehadiran Kristus dalam hidup harianku?

Doa

Ya Bapa, semoga mata hatiku selalu terbuka untuk mengenal kehadiran PuteraMu di tengah tengah kami. Amin

Perutusan

Kenalilah Kristus yang hadir di tengah-tengah anda

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here