Lentera Keluarga – Komitmen Bersama

0
175 views

Tahun C-1. Jumat Paska V.

Jumat, 24 Mei 2019. 

Bacaan: Kis 15:22-31; Mzm 57:8-9.10-12; Yoh 15:12-17.

Renungan:

ADALAH keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu..” demikian discernment yang diambil bersama dalam Sidang di Yerusalem mengenai sunat bagi orang-orang non yahudi yang menjadi kristen.  Sebuah keputusan pastoral yang diambil bukan hanya “atas nama Tuhan” tetapi juga dipikirkan dengan bijak secara bersama. Dan keputusan dan kesepakatan seperti ini juga perlu disosialisasikan dan disepakati bersama oleh seluruh anggota jemaat. 

Setiap keputusan perlu kita ambil bukan saja mengandalkan kemampuan berpikir manusia tetapi juga mendengarkan suara Roh Kudus. Mewajibkan orang dengan mengatakan “Ini sabda Tuhan..” padahal itu adalah keinginan dan tafsiran kita sendiri akan membawa orang pada kesalahan. Sebuah keputusan tidak cukup baik dan benar, tetapi juga perlu dapat dilaksanakan. 

Namun terlebih lagi penting bagi kita bukan hanya pandai memutuskan, tetapi juga kita harus berani membangun komitmen.  Rajin pertemuan, tekun berdebat, mampu mengambil keputusan tetapi dalam waktu dekat sudah melupakan keputusan yang diambilnya. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak taat kepada keputusan bersama dengan mengatakan “saya tidak ikut memutuskan..” atau “saya tidak setuju dengan keputusan itu, karena……” Memutuskan bersama berarti juga mengambil tanggungjawab untuk melakukan bersama. Kecuali jikalau keputusan tersebut bertentangan dengan hati nurani kita. 

Kontemplasi:

Gambarkan bagaimana sikap orang yahudi yang bersunat dan orang yang tidak bersunat mendengar keputusan para rasul dan penatua mengenai sunat. 

Refleksi:

Apakah di dalam komunitas, aku berani terlibat untuk mengambil keputusan dan kemudian komitmen dengan keputusan tersebut? 

Doa

Ya Bapa, semoga aku setia pada komitmen-komitment bersama. Amin.

Perutusan:

Setialah pada komitment bersama.

(Morist MSF; www.misafajava.org)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here