Lentera Keluarga – Menerima Panggilan

0
430 views

Sabtu, 16 Juni 2018.

Bacaan: 1Raj 19:19-21; Mzm 16:1-2a.5.7-8.9-10; Mat 5:33-37

Renungan:

ELISA menerima panggilan kenabian secara unik : Elia memberikan mantel kenabian ketika sedang membajak bersama rekan-rekannya. Ia pun pamit kepada orang tuanya dan  menyembelih kerbau dan bajaknya serta memasaknya. Elisa menerima rahmat panggilan kenabian ini dengan meninggalkan segala jaminan hidupnya ” (ia) mengikuti Elia dan menjadi pelayannya”.  Keputusan itu juga yang ditekankan oleh Tuhan Yesus kepada para murid yang mau mengikutiNya : “kalau membajak, jangan menoleh ke belakang”. Menghayati Panggilan sebaagi  “point/decision of no return”.

Totalitas dan kepercayaan merupakan unsur hakiki dalam perkawinan dan juga hidup panggilan. Memang tidak ada satupun yang akan menjamin masa depan kita, apa yang akan terjadi dalam hidup perkawinan dan panggilan kita mendatang. Tetapi jikalau kita melangkah dengan ragu-ragu karena masih ada andalan /cadangan kita di belakang, maka itu akan berpengaruh pada sikap kehati-hatian dan kesungguhan kita. Totalitas dan kepercayaan inilah yang akan menempa orang dalam panggilan baik panggilan perkawinan maupun panggilan hidup religius/imamat. Sesulit, seberat, serumit apapun tantangan, tetap harus maju dan harus bisa diatasi dengan baik dan bijak.

Dalam kehidupan ini, tidak ada orang lain yang kita andalkan dan menjamin kita, kecuali Allah sendiri. Kekayaan keluarga akan hilang, orang-orang yang kita andalkan akan tidak ada lagi bersama dengan kita, rekan-rekan kita juga akan datang dan pergi; dan akhirnya kita sendirinya yang harus “berjuang” untuk hidup kita sendiri. Salah jikalau kita gagal, kita menyalahkan orang lain atau masa lalu kita. Kita lah yang harus bertanggungjawab terhadap arah dan panggilan hidup kita.

Pilihan Tuhan tidak pernah salah. Hanya Ia meminta kita untuk total dan percaya.

Kontemplasi

Gambarkan apa yang dialami oleh Elisa ketika menerima panggilan kenabian melalui Elia.

Refleksi

Bagaimana aku menghayati totalitas dan kepercayaan dalam panggilan hidupku baik dalam hidup berkeluarga maupun dalam panggilan khusus?

Doa

Ya Bapa,  ajar aku untuk bersikap lepas bebas untuk mengikuti dan melayani Yesus PuteraMu.

Perutusan

Ikutilah panggilan Tuhan dengan totalitas dan penuh kepercayaan.

https://www.youtube.com/watch?v=fz7ox5n0IR4

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here