Lentera Keluarga – Panggilan Untuk Kebaikan Bangsa

0
131 views

Tahun C-1. Pekan Biasa XIX
Sabtu, 17 Agustusi 2019. 
Bacaan: Sir 10:1-8; Mzm 10:1a.2ac.3a.6-7; 1Pet2:13-17; Mat 22:15-21.

Renungan: 

HORMATILAH semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah Raja”. demikian Surat Petrus memaknai kemerdekaan. Tiga unsur fundamen hidup bersama yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain : hormat dan kasih kepada sesama, takut akan Allah dan hormat kepada Raja. 

Perayaan kemerdekaan hari ini memanggil kita sebagai orang kristen untuk tidak hanya berkutat pada diri sendiri “kesibukan intern” karena takut tantangan dan harga diri rendah. Kita dipanggil untuk lebih berpartisipasi bagi kebaikan hidup bersama. Kita dipanggil terlibat dan ambil bagian dalam kebaikan hidup bermasyarakat, bergaul dengan banyak orang dari berbagai macam agama dan golongan. 

Kita jadi orang kristen bukan hanya ketika kita berada dalam gereja, kita sungguh menjadi orang kristen ketika kita hadir, terlibat dan membawa kebaikan bersama, bekerja dengan benar dalam dunia politik, hukum, bisnus dan politik.  Kehadiran kita sebagai orang kristen hendaknya membawa kebaikan hidup bersama melawan radikalisme, menegakkan keadilan melawan ketidakadilan, menghayati kejujuran melawan korupsi, menghormati profesionalitas  melawan politik uang. Kesuraman kita dalam menghayati iman di tengah masyarakat juga menjadi kesuraman pewartaan Injil; namun sebaliknya, jika kita memberikan warna terang dalam hidup bermasyarakat maka itu sudah menjadi kesaksian hidup injili yang baik. 

Kontemplasi:

Gambarkanlah bagaimana nasihat Petrus bergema dalam para pendengarnya pada jaman itu, 

Refleksi:

Bagaimana keterlibatanku dalam hidup bermasyarakat? Apakah aku aktif di masyarakat dan juga di gereja?

Doa:

Ya Bapa, semoga Kaulindungi dan Kaujaga bangsa dan negara kami. Merdekakanlah bangsa kami dari radikalisme, korupsi, politik uang dan cara pandang sempit yang merusak hidup bersama.  Amin. 

Perutusan:

Berdoalah dan terlibatkan membangun bangsa dengan hidup selaras dengan hati nurani kristiani kita. 

(Morist MSF)

Lentera keluarga dapat diakses via: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.misafajava.dk)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here