Lentera Keluarga – Pekerja Untuk Tuaian

0
267 views

Tahun C-1. Pekan Biasa XXVIII. Pesta St. Lukas, Pengarang Injil.
Jumat, 18 Oktober 2019. 
Bacaan: 2 Tim 4:10-17b; Mzm 145:10-11.12-13ab.17-18; Luk 10:1-9.

Renungan:

DALAM pelayanannya, Paulus mempunyai rekan kerja dan sangat bervariasi. Ada yang seperi Demas dan Alexander yang mulai bergerak ke arah yang berbeda dari iman dan kesatian; ada pula pribadi-pribadi yang tekun dan setia seperti Titus, Lukas, Markus dll. Paulus terus melibatkan rekan-rekan kerja untuk bertanggungjawab atas jemaat atau tugas tertentu. Berkat merekalah pewartaan Injl meluas lebih dan semakin banyak orang yang diselamatkan. 

Gereja selalu memerlukan rekan-rekan kerja yang mampu, tanggung dan berani bekerja di daerah yang tak terjangkau dan sebagian besar adalah volunteer. Memang kadang pelayanan gereja disuramkan oleh beberapa orang yang berjalan sendiri dan kurang sungguh-sungguh dalam pelayanan atau terlalu banyak keinginan untuk pelayanan sehingga tidak fokus. Namun dalam Gereja, tidak sedikit kita temukan pribadi-pribadi yang mampu, tangguh dan setia pada pelayanan yang diembannya. Melalui merekalah gereja boleh bertumbuh dan berkembang. Namun kita juga perlu berdoa supaya Tuhan mengirimkan pekerja-pekerja baru dan kita siapkan untuk berkarya bersama kita dan pada suatu titik meneruskan tongkat estafet pelayanan.  

Maka penting bagi kita mengajak anak-anak dan anggota kita dalam pelayanan.Melatihkan nilai tanggungjawab iman kita terhadap Gereja dan terhadap Allah yang telah mempercayakan pengembangan Kerajaan Surga ini kepada kita. 

Kontemplasi:

Gambarkanlah bagaimana Paulus membangun relasi pelayanan dengan orang-orang yang dekat dengannya?

Refleksi:

Apakah aku fokus dalam pelayanan dan sudah menjadi pelayan yang. setia dan tangguh? 

Apakah aku menyiapkan orang-orang baru untuk meneruskan tongkat estafet pelayanan kita?

Doa: 

Ya Bapa, semoga aku senantiasa tekun dan setia menjadi rekan di ladang anggurMu. 

Perutusan:

Fokuslah dalam pelayanan dan layanilah Tuhan dengan kesabaran dan sukacita. 

(Morist MSF)- www.misafajava.org

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here