Manado Catholic Choir, Juara Umum 33rd Praga Cantat 2019 di Ceko

0
284 views
Penampilan Manado Catholic Choir di Praha. (Romo Melky Malingkas Pr)

KABAR gembira datang dari Kota Praha (Praga atau Prague), Ibukota Republik Ceko untuk seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan umat Keuskupan Manado pada khususnya.

Pada hari Rabu, 3 November 2019 di città d’oro (Kota Emas, salah satu julukan untuk kota Praga) Manado Catholic Choir (MCC) kembali mengharumkan nama Indonesia. MCC berhasil menjadi juara umum pada 33rd Praga Cantat 2019.

Festival dan Kompetisi Paduan Suara Internasional Praga Cantat ini berlangsung sejak 31 Oktober sampai 3 November 2019, di Praga, Ceko. Kemenangan MCC ini disampaikan secara resmi oleh Panitia Penyelengara Kompetisi dan disaksikan oleh segenap peserta yang berpartisipasi dalam festival internasional ini.

Festival musim gugur

Praga atau Prague Cantat adalah kompetisi dan festival internasional yang berlangsung setiap tahun pada musim gugur (l’autunno) di Praha, kota yang dikenal dengan Kota Seratus Menara.

Praga Cantat 2019.

Praga Cantat ini merupakan kompetisi paduan suara berkelas internasional dan dihadiri oleh kelompok paduan suara dari seluruh dunia (bagi yang  mengikutinya).

Kompetisi paduan suara ini diadakan di aula Majakovsky dan Raisuv yang megah di National House, sebuah bangunan neo-Renaissance yang indah yang dirancang oleh arsitek Antonin Turek. Setiap kelompok paduan suara yang ikut dalam kompetisi ini akan dievaluasi oleh team juri. Team juri ini pun dipilih sesaui dengan kriteria internasional dan datang dari berbagai negara Eropa.

Kompetisi Internasional ini terdiri dari 6 (enam) kategori.

  • Pertama, Kategori A yakni untuk paduan suara pria.
  • Kedua, Kategori B yakni untuk paduan suara wanita.
  • Ketiga, Kategori C yakni untuk paduan suara campuran (Pria-Wanita, Pemuda-Orang Tua).
  • Keempat, Kategori D yakni untuk paduan suara pemuda campuran (wanita dan pria) berusia antara 14 sampai 24 tahun.
  • Kelima¸ Kategori E yakni untuk paduan suara dengan program musik suci.
  • Keenam, Kategori F yakni untuk paduan suara pria, wanita, campuran dan pemuda.

Dihadiri  perwakilan 15 negara

Frisca Marchelina Ombuh selaku ketua MCC menjelaskan bahwa festival ini diikuti oleh berbagai kelompok dari 15 negara. Ke-15 negara tersebut adalah Hungaria, Jerman, Serbia, Latvia, Serbia, Belgium, Slovakia, Kroasia, Slovenia, Finlandia, Italia, Lithuania, Ukraina, dan Indonesia.

Dari Indonesia sendiri ada 4 (empat) grup yang ikut berkompetisi di festival Praga Cantat ini.

  • Ada Manado Catholic Choir (MCC)
  • Gratia Choir dari Semarang.
  • Feixiang Choir dan Vox Angelarum dari Jakarta.

Sesuatu yang membahagiakan karena keempat kelompok Paduan Suara ini mampu bersaing dengan grup-grup lain dan memperoleh hasil yang baik.

Tercatat Gratia Choir Semarang berhasil memenangkan kategori Female Choir dan Folklore, Feixiang Choir Jakarta memenangkan kategori Mixed Choir dan Vox AngelarumJakarta memenangkan kategori lagu wajib.

Lalu, Manado Catholic Choir berhasil menjadi Juara Umum pada 33rd Praga Cantat 2019. Hasil terperinci dari perlombaan ini pun dirilis melalui dinding Facebook  “Praga Cantat” pada Selasa, 5 November 2019.

Kegembiraan Manado Catholc Choir.

Prestasi mengagumkan

Prestasi yang diperoleh MCC ini tentu saja memberi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Kemenangan ini merupakan hasil perjuangan dan kerja keras dari putera-puteri bangsa yang patut diacungi jempol. Kita pun hendaknya terus mendukung talenta dan kreativitas yang mereka miliki demi meningkatkan prestasi pada kompetisi selanjutnya.

Romo Melky Malingkas Pr, selaku Pembina MCC, mengaku sangat gembira dengan prestasi yang diraih oleh MCC.

“Apa yang diraih oleh MCC sungguh mengagumkan bahkan luar biasa. Ketika menonton saya sampai meneteskan air mata karena bahagia begitu menyaksikan performance mereka yang amat bagus. Kebahagiaan itu menjadi sempurna ketika diumumkan MCC meraih juara umum. Pada saat sama, saya pun bersyukur atas capaian ini.”

Para peserta.

Lebih lanjut, imam yang kini menjabat sebagai Rektor Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng-Sulawesi Utara ini, memaparkan bahwa keberhasilan ini tentu memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan kehidupan mereka selanjutnya.

MCC sudah pernah juara Paduan Suara di tingkat Nasional dan Regional di Indonesia. Lalu, melalui kebersamaan ini mereka pun terbantu untuk semakin dewasa dalam iman dan semakin aktif di setiap paroki atau stasi mereka masing-masing.

Mereka hadir sebagai motivator di masing-masing paroki terutama dalam organisasi Orang Muda Katolik.

Hal yang senada pun disampaikan oleh Frisca. Mewakili anggota Grup MCC, Frisca mengaku sangat bahagia ketika tm juri menyebut nama MCC sebagai pemenang.

Menurut Frisca, menjadi landasan bagi MCC untuk terus kolaborasi yang apik dan berjuang untuk tetap berdiri sebagai sang juara.

Demikianlah MCC mengukir kemenangan mereka dan mengharumkan nama Indonesia di Kota Praha – Kota Emas, Kota Seratus Menara dan Permata Bohemia.

 Proficiat untuk MCC. Masyarakat Indonesia menantikan kejutan-kejutan selanjutnya.

Kredit foto: Pastor Melky Malingkas Pr.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here