Melihat dan Mendengar dengan Hati

0
208 views
Ilustrasi (Ist)

KITA dianugerahi mata dan telinga. Mata untuk melihat dan telinga untuk mendengar. Namun kadang kita tidak menggunakan sebagaimana mestinya.

Yesus mengkritik sikap kita yang tidak menggunakan hal itu dengan baik, sehingga tidak bisa menangkap dengan jelas dan tepat kehedakNya.

Sebab utamanya kita tidak melihat dan mendengar dengan hati. Kita hanya sekedar melihat dan mendengar saja. Kendati kita tahu tapi kita tidak melakukan sebuah tindakan nyata atas apa yang kita lihat dan dengar.

Kita melihat ada orang sakit, kelaparan, ada sampah yang menumpuk tapi kita tidak melakukan tindakan apapun.

Kita mendengar banyak keluhan dari orang sekitar karena tingkah laku atau perkataan kita, karyawan, keluarga atau umat namun hanya diam saja.

“Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: “Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi.” (Mrk 8:17-18).

Mari kita melihat dan mendengar dengan hati. Supaya kita bisa bertindak dengan cepat dan kongkret masalah atau persoalan apa yang kita lihat dan dengar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here