Menjalani Hidup Secara Normal

0
128 views
Ilustrasi: Roda Kehidupan. (Ist)

MENJALANI hidup langkah demi langkah merupakan suatu kebijaksanaan yang mesti dipegang teguh selama masih hidup di dunia ini.

Seorang remaja merasa cemas tentang apa yang akan terjadi terhadap dirinya kelak. Ia memulai hidupnya dengan terburu-buru.

Ia berpikir bahwa dengan melakukan suatu hal dengan cepat, ia akan bahagia. Ternyata tidak. Justru ia melakukan banyak kesalahan. Akibatnya, ia semakin cemas.

Ia berkata, “Saya ingin menjalani hidup ini apa adanya. Namun ternyata banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan rencana.”

Ia kemudian mencoba menjalani hidup ini apa adanya alias tidak macam-macam. Ia hidup seperti air mengalir. Ia menemukan hidup ini sungguh-sungguh bermakna.

Tidak ada yang seolah-olah mengejar-ngejar dirinya. Hidupnya menjadi tenang dan damai. Ia bertumbuh secara normal seperti orang-orang lain.

Jangan dikuasai ambisi
Menjalani hidup ini secara normal semestinya menjadi pilihan setiap manusia. Namun banyak orang ingin mengejar sesuatu yang spektakuler. Ambisi sering menguasai diri mereka. Akibatnya, stres sering menjadi bagian hidup mereka. Mereka merasa frustrasi menghadapi tuntutan zaman yang begitu tinggi.

Orang mesti yakin bahwa apa yang dijalani akan berakhir baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikuatirkan. Kadang-kadang memandang terlalu jauh ke depan bisa menyebabkan kekuatiran yang menjadi beban hidup semakin besar dan berat. Orang kemudian hidup tanpa arah dan pegangan yang pasti.

Karena itu, orang mesti menyadari bahwa hidup hanya bisa dijalani hari demi hari. Walau kita perlu punya rencana jangka panjang, tetapi fokus kita adalah menyelesaikan hari itu dengan baik.

Tentu saja hal ini tidak mudah, karena setiap orang punya rencana masa depan. Namun ketika kita menjalani hidup ini langkah demi langkah, kebahagiaan justru yang menjadi bagian dari hidup kita.

Mari kita terus-menerus meyakinkan diri kita bahwa kita mesti menjalani hidup ini langkah demi langkah. Artinya, keberhasilan dalam hidup itu dialami melalui suatu proses yang berjalan terus-menerus. Tidak ada keberhasilan yang diraih dalam sekejap. Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here