Metamorfose Hendri Kuok: Tinggalkan Demo, Jadi Pastor Jesuit Bernama Stefanus Hendrianto SJ (1)

0
6,316 views
Pastor Stefanus Hendrianto Kuok SJ di barisan depan, ketiga dari kanan. (Ist)

PETA perjalanan hidup seorang Hendri Kuok (45) bolehlah diibaratkan dalam sebuah kiasan: dari panggung demo jalanan di Era Reformasi ke altar gereja.

Lama malang-melintang di jalanan memimpin demo melawan rezim Orde Baru (Orba) bersama para mahasiwa yang aktif di jaringan PRD waktu itu, tiba-tiba saja setelah sekian lama “menghilang” dari pemberitaan nasional, Hendri Kuok kini sudah mengadopsi nama dan menjalani hidup baru sebagai seorang Pastor Jesuit.

Sebagai imam Katolik anggota Ordo Serikat Jesus (Jesuit), maka metamorfose Hendri Kuok itu kini sempurna sudah.

Ia memakai nama “asli”nya sedari kecil sebagai “identitas” resminya sebagai seorang imam Jesuit yakni Pater Stefanus Hendrianto SJ.

Nama “panggung jalanan” sebagai Hendri Kuok yang ikut membesarkan namanya ditinggalkan, setidaknya ia lebih suka disapa sebagai Hendrianto.

Jesuit anggota West USA Province

Pastor Stefanus Hendrianto SJ bukan anggota Ordo Serikat Jesus Provinsi Indonesia. Ia memilih Ordo SJ Provinsi West USA sebagai tempat di mana ia resmi terinkardinasi.

Meski berdarah asli Indonesia asal Pulau Bangka, namun sebagai pastor Jesuit, Pastor Stefanus Hendrianto SJ itu kini menjadi “milik sepenuhnya” Serikat Jesus Provinsi West USA tersebut.

Berikut ini data pribadi yang kami himpun dari berbagai sumber mengenai sosok Pastor Stefanus Hendrianto SJ yang dulu dikenal oleh para pemburu berita di medan demo sebagai “Hendri Kuok”.

Hendri Kuok saat bayi berumur satu tahun bersama orangtua dan kakek-nenek di Bangka. (ist)
  • Tempat/Tanggal Lahir: Bangka, Provinsi Bangka-Belitung, 13 April 1974.
  • Inkardinasi: Jesuit anggota SJ Provinsi West USA.
  • Sarjana Hukum di UGM.
  • Master Bidang Hukum di Utrecht University, Negeri Belanda.
  • Doktor Bidang Hukum di University of Washington, AS.
  • Master Bidang Teologi di Boston College School of Theology and Ministry, MA, USA.
  • Master of Divinity, Boston College School of Theology and Ministry.
Pastor Stefanus Hendrianto Kuok SJ.

Menjalani formatio Jesuit

Sebelum menerima Sakramen Imamatnya dalam Misa Tahbisan Imamat di Amerika tanggal 8 Juni 2019 lalu, ia menjalani formatio sebagai Jesuit sebagai berikut:

  • Bekerja sebagai relawan di kalangan orang-orang Eskimo Suku Yupik di kawasan Alaska, Amerika Utara.
  • Mengajar hukum dan ilmu politik di Santa Clara University.
  • Mengampu program bimbingan rohani untuk kaum ibu-ibu hamil di Maternity Home for Pregnant & Homeless Women di Boston, Massachusssetts, AS.

Setelah menerima Sakramen Imamat dalam Misa Tahbisan Imamat dua hari lalu, Romo Stefanus Hendrianto SJ akan menjalani tugas pastoral di Gereja St. Agnes, sebuah paroki Jesuit, di San Fransisco.

Demo melawan rezim korup

Sewaktu muda dan masih mahasiswa, Hendrianto banyak terlibat dalam aksi-aksi demo jalanan untuk melawan rezim otoriter Presiden Suharto dan Pemerintah Orde Baru hingga berujung pada terjungkalnya Suharto dari panggung kekuasaan,tanggal 21 Mei 1998.

Profil sosok Hendri Kuok tulsan Joseph Osdar di Harian Kompas tahun 1999. (Ist)

Selepas studi di UGM, ia mengarungi peziarahan rohani dan kemudian meneruskan studi lanjut di bidang hukum di Negeri Belanda hingga meraih gelar LLM dari Utrect Universiteit.

Pulang kembali ke Indonesia, ia merintis karier dengan bekerja sebagai asisten tim legal Kantor IMF di Jakarta.

Beberapa tahun kemudian, ia terbang ke Amerika untuk melanjutkan studi doltoral di University of Washington School of Law di Seattle. (Berlanjut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here