“Mile 22”, Saatnya Iko Uwais Jadi Tripple Agent

0
302 views
Mark Wahlberg dan Iko Uwais dalam "Mile 22" - Esquire.

TAK gampang menundukkan Iko Uwais. Nama bintang laga Indonesia ini lagi meroket pamornya, lantaran main bareng bintang kakap Hollywood Mark Wahlberg di film anyar Mile 22 yang telah membetot atensi publik penggemar sineas di Indonesia.

Li Noor (Iko) bermaksud membelot ke Amerika dengan menjual asset informasi sangat berharga sekaligus berbahaya berupa sandi untuk menguak rahasia rangkaian bom berdaya ledak luar biasa jumbo. Ia tak banyak bicara, selain ingin agar segera diterbangkan dari negara di mana dia mau tinggalkan saking muaknya dengan politik ‘dalam negeri’ dan menuju ke AS.

Permohonan minta suaka politik ini membawanya ke Kedutaan AS di sebuah negara Asia, bisa jadi di Malaysia atau Thailand. Di sinilah, Iko bertemu dengan dedengkot agen-agen rahasia CIA dengan jejak rekam yang panjang dan berprestasi. Mereka adalah James Silva (Mark Wahlberg), Alice Kerr (Lauren Cohan), Sam Snow (Ronda Rousey) dan bos mereka di balik layar James Bishop (John Malkovich).

Full action

Permohonan suaka politik Li Noor ternyata memetik keberingasan agen agen rahasia dan mesin pembunuh negara lain, termasuk Russia, yang bermain kotor berusaha menggagalkan proses ‘menerbangkan’ Li pergi ke AS. Pada episode proses evakuasi menuju bandara inilah, adegan demi agedan bak-buk dan dar-der-dor terus mengisi ruang tontonan film laga bertitel Mile 22 ini.

James Silva berupaya mengevakuasi Li Noor keluar dari kepungan para pembunuh bayaran yang mengincar nyawanya.

Dua nyawa

Yang menarik dalam film anyar ini tentu saja bukan karena di situ ada Iko Uwais dan Mark Wahlberg –dua ‘nyawa’ penting yang mengisi roh film ini. Tapi skenario di balik skema pembicaraan Silva untuk mengevakuasi Li keluar dari ‘sarang pembantaian’ kelompok mesin-mesin pembunuh yang menghendaki kematian Li.

Mile 22 sudah barang tentu film laga. Darah, tembakan, ledakan menjadi ‘menu’ utama film ini. Dan Mark Wahlberg plus Iko Uwais ikut mengisi emosi penonton dengan rasa ingin tahu kisah berikutnya.

Ternyata, Li Noor alias Iko Uwais bukan saja double agent yang bekerja untuk negerinya dan Amerika Serikat. Tapi juga ‘aset’ penting yang ditanam Dinas Rahasia Rusia (FSB) untuk menghancurkan CIA dari dalam tubuh dinas telik sandi AS.

Kisah lanjutan inilah yang masih perlu kita tunggu untuk sekuel berikunya yakni Mile 22 edisi jilid kedua. Entah kapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here