Ordo Kapusin Pontianak: 17 Pastor, Enam Diakon Hadiri Temu Imam Muda di Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang

0
177 views
Malam pensi bersama OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang. (Cinda OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang)

SEBANYAK 23 saudara muda Ordo Fratrum Minorum Capuccinorum (OFMCap) Provinsi Pontianak mengikuti pertemuan persaudaraan dari tanggal 16-17 November 2019 di Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang.

Agenda “temu-kangen” yang juga dikenal dengan Temu Imam Muda (Temu Imud) ini merupakan program bina lanjut untuk para imam muda Kapusin Propinsi Pontianak yang usia tahbisannya 12 tahun ke bawah.

Mereka datang dari berbagai tempat-komunitas karya untuk beberapa hari sejenak “mengasingkan diri” dari kesibukan dan rutinitas yang sangat padat.

17 imam dan enam diakon

Di tengah kesibukan berpastoral para saudara muda kapusin yang terdiri dari 17 imam dan 6 diakon ini dikumpulkan untuk belajar bersama dan berbagi pengalaman.

Dari situ diharapkan panggilan mereka sebagai imam diperteguh dan dikuatkan.

Sukacita para imam Kapusin yunior dan para novis Kapusin.

Menurut Pastor Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang, Pastor Stephanus Gatot OFMCap, program ongoing formation khusus para saudara muda Kapusin diadakan dua tahun sekali. Ini juga sebagai ajang untuk lebih memperkenalkan hidup bakti agar generasi zaman now ini ada satu-dua di antara mereka mengikuti ‘jejak’ menjadi pewarta iman sebagai imam, bruder, dan suster.

“Semoga dengan kehadiran dan kesaksian para saudara muda ini ada para pemuda-pemudi yang tertarik serta tergerak hatinya untuk menjawab panggilan Tuhan,” harap Pastor Gatot.

Sukacita para imam dan OMK Singkawang.

Kopdar

Oleh karena itu lanjut imam kelahiran Muntilan ini disela-sela pertemuan mereka menyisihkan waktu untuk mengadakan pertemuan bersama Orang Muda Katolik. Kebersamaan yang dikenal dengan sebutan Kopi Darat Imam Muda (KopDar Imud) ini diprakarsai oleh OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang.

Agenda Kopdar Imud ini memiliki ragam kegiatan seperti olahraga bersama OMK dan malam pentas seni dan ramah-tamah yang dilaksanakan di Aula SMP Bruder Singkawang.

“Ada 100 OMK yang hadir, mereka datang dari stasi Sijangkung, Pangmilang, Sagatani, Capkala dan sekitarnya,” ungkap Pastor.

Acara pentas seni semakin semarak berkat kehadiran para Novis Kapusin Gunung Poteng, para suster SFIC dan para bruder MTB.

Temu Imam Muda ini diakhiri dengan misa bersama umat pada hari Minggu, 17 November 2019.

Hadir di altar sebagai selebran utama Pastor Joni OFMCap didampingi oleh Pastor Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang, Pastor Stephanus Gatot OFMCap, Pastor Yosua Sitinjak OFMCap, Pastor Ignasius Dhay OFMCap dan Pastor Ferdinand OFMCap serta 12 imam dan 6 diakon.

Kredit Photo: Cinda OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here