Paroki Beatae Mariae Virginis Katedral Bogor: Bursa Wirausaha dan Karir 2017

0
236 views
Suasana presentasi peluang bisnis wirausaha. Inzet adalah Bapak Frans Setiawan selaku Koordinator Umum dan Bapak Michael Indra Wahyudi dari Seksi PSE, Sub seksi Ketenagakerjaan.(Rickoloes)

MARI gerakkan kegiatan wirausaha dan pengembangan karir, namun berdasarkan iman kristiani yang kokoh. Mengapa ini menjadi perlu dilakukan?

Inilah salah satu alasan pokoknya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa efek Krisis Ekonomi sejak 1998 sampai sekarang masih terasa dan kondisi ekonomi nasional juga belum stabil. Ini ditandai dengan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar yang hingga kini bertahan masih  tetap tinggi serta dunia usaha yang belum begitu bergairah.

Akibatnya, banyak terjadi PHK karyawan di berbagai perusahaan.

Ada hal positif tak terduga dari kasus-kasus PHK tersebut. Situasi menantang itu justeru namun menjadi pijakan bagi karyawan putus kerja untuk bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan membuka usaha pribadi.

Bursa Wirausaha dan Karir (BWK)

Situasi itulah yang kemudian direspon oleh Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Gereja Santa Perawan Maria (Beatae Mariae Virginis) Paroki Katedral Bogor dan sejumlah paroki lain di sekitarnya. Yang terjadi kemudian adalah pada tanggal 4 November 2017 kemarin Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi yang diketuai oleh Bapak Joko Pitoyo mengadakan acara Bursa Wirausaha dan Karir (BWK) 2017.

Paparan dari Pastor Paroki Katedral Romo Tukiyo.

Kegiatan tersebut diadakan di Aula Paroki lantai 2, BMV Katedral Bogor, Jl. Kapt Muslihat 22, Bogor. Acara ini dimotori oleh Bapak Michael Indra Wahyudi yang sehari-hari menjabat Ketua Sub Seksi Ketenagakerjaan. Juga disokong penuh oleh Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Paroki Katedral serta dikomandoi oleh Bapak Frans Setiawan selaku Koordinator Umum.

Romo Tukiyo dar Paroki Katedral Bogor.

Materi program BWK 2017 sebagai berikut:

  • Stand bisnis (pameran) yang menampilkan peluang karir dan wirausaha mandiri.
  • Pemaparan dalam bentuk presentasi dari masing-masing peluang wirausaha.
  • Penjualan produk langsung.

Acara inidiikuti oleh beberapa perusahaan terkenal mulai dari bank-bank internasional, aneka peerusahaan jasa asuransi, waralaba sampai industri rumahan.

Diskusi antara pencari peluang bisnis dengan peserta BWK 2017 dalam upaya mendapatkan penjelasan tentang bisnisnya.

Target penyelenggaraan kegiatan ini adalah:

  • Memberi peluang umat untuk berani memulai dan mengembangkan wirausaha kategori kecil menengah.
  • Memberi peluang umat untuk mendapatkan jenjang karir sesuai dengan yang diinginkan.
  • Memberi motivasi diri menuju pelaku wirausaha dan karir dengan berasaskan iman Katolik sejati.

Kegiatan semacam ini sudah menjadi semacam acara tahunan yang  diampu oleh Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi setiap tahun.

Pemandangan terjadinya transaksi bisnis di salah satu stand peserta BWK 2017.
Pengunjung atau audiens serius mendengarkan penjelasan presentasi peluang berwirausaha dari salah satu peserta BWK 2017.

Kredit foto: FX Rickoloes Pricorianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here