Paroki St. Yosef Palembang: Paskah Bersama demi Tingkatkan Kerjasama dan Dinamika Lingkungan

0
141 views
Perayaan Ekaristi Paskah Bersama di Lingkungan St. Ignatius Loyola, Paroki St. Yosef Palembang. (Aloysius Kristiawan)

PAROKI St. Yosef, Palembang terdiri dari 12 wilayah dan 34 lingkungan. Namun dinamika masing-masing wilayah dan lingkungan berbeda-beda.

Ketua DPP Paroki St. Yosef, C. Wintoko, menggambarkan bahwa sebagian besar lingkungan dinamikanya masih dalam batas mengadakan acara-acara wajib, misalnya, doa lingkungan rutin, pendalaman Masa Adven, APP, Bulan Maria, Bulan Kitab Suci, Bulan Liturgi Nasional.

Namun, tidak sedikit juga lingkungan yang agak ngos-ngosan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Maka, sering terjadi ada lingkungan yang menggabungkan beberapa pertemuan menjadi satu.

Lingkungan St. Ignatius Loyola menjadi salah satu contoh lingkungan yang hidup dan dinamis. Hal ini terlihat karena lingkungan ini dapat mengadakan acara di luar acara-acara wajib.

Mewakili seluruh pengurus DPP, C. Wintoko, mengungkapkan rasa bahagianya melihat dinamika ini. Sebab, selain tidak banyak lingkungan yang punya agenda rutin seperti ini, acara Paskah Bersama ini memiliki daya pemersatu yang kuat demi kerukunan dan relasi antar warga lingkungan.

Pembagian hadiah lomba anak-anak.

Menjaga keutuhan sebagai pengikut Kristus

Acara Paskah Bersama di Lingkungan St. Ignatius Loyola sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Romo Laurentius Rakidi Pr pun selalu mengajak seluruh warga untuk secara bersama memaknai Paskah sebagai upaya untuk menghidupkan apa yang diajarkan dan diteladankan Yesus.

Dengan tema ”Menghormati dan Menjaga Keutuhan Ciptaan demi Kehidupan Bersama”, kita dipanggil untuk sungguh-sungguh menjaga keutuhan ciptaan, baik antar sesama manusia maupun dengan lingkungan hidup.

Tantangan hidup sebagai orang Katolik akhir-akhir ini terletak pada upaya menjaga keutuhan kita sebagai umat beriman Katolik dengan orang lain.

Aneka peristiwa yang terjadi sungguh menguji, bahkan cenderung ingin mengobrak-abrik soliditas kita sebagai pengikut Kristus.

Untuk itu, jangan ada perpecahan di antara kita. Panggilan nyata yang diserukan Tuhan pada hari ini, bertepatan dengan Hari Raya Kerahiman Ilahi, kita diajak menjadi sarana penyalur kerahiman ilahi dan belas kasih Allah.

Paskah Meriah dalam kesederhanaan

Besarnya animo warga Lingkungan St. Ignatius Loyola untuk merayakan Paskah Bersama terlihat dalam partisipasi untuk mengikuti aneka kegiatan yang tersedia. Perayaan diawali dengan Perayaan Ekaristi di Kapel St. Louis, Sukabangun, yang dihadiri juga oleh umat selain warga lingkungan.

Suasana lomba anak-anak.

Aneka perlombaan dan permainan membuat suasana Paskah menjadi penuh sukacita meskipun cuaca cukup terik.

Setelah Perayaan Ekaristi, digelar aneka perlombaan anak-anak: mewarnai, mencari telur, menghias gambar telur, membaca Kitab Suci.

Aneka permainan para orangtua.

Para orangtua juga dilibatkan dalam beberapa permainan: bowling pingpong, memancing botol, meniup balon sampai pecah. Disediakan juga aneka hadiah kejutan bagi warga yang beruntung.

Ketua Panitia, Ardi Krisanto, menyampaikan bahwa seluruh kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dan keterlibatan dari seluruh warga, terutama panitia yang telah dibentuk.

Hal ini juga ditegaskan oleh Hadi Wibowo, Ketua Lingkungan St. Ignatius.

Ia mengharapkan agar perayaan ini mampu mengakrabkan relasi antarwarga, menumbuhkan kecintaan terhadap keutuhan lingkungan demi kehidupan bersama.

Aneka sambutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here