Pelita Hati: 01.08.2019 – Pukat Keselamatan

0
1,016 views

Bacaan Matius 13:47-53

Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. (Mat.13:47-50).

Sahabat pelita hati,

KINI kita berjumpa dengan perumpamaan tentang pukat yang merupakan  perumpamaan terakhir dari Matius 13. Perumpamaan ini mengangkat tema tentang akhir zaman yang digambarkan  seperti nelayan yang memasang pukat dan setelah tiba waktunya nelayan mengeluarkan ikan tangkapannya  kemudian mengumpulkannya. Ikan-ikan yang baik dikumpulkan sedangkan ikan-kecil yang tak berguna dibuang. Inilah gambaran tentang akhir zaman atau waktu pengkahiman terakhir nanti. Orang-orang benar akan dikumpulkan dalam ‘pukat kesematan’ dan akan dihantar memasuki kebahagiaan abadi dan orang-orang jahat dibuang menuju tempat penghakiman.

Sahabat terkasih,

Andaikan seekor ikan, apakah kita masuk dalam ikan yang baik dan berkualitas atau ikan kecil yang tak ada harganya? Cara mengukurnya adalah apakah hidup kita selama ini sungguh bermakna bagi sesama? Atau kehadiran kita justru membawa persoalan di tengah anggota keluarga, rekan-rekan di lingkungan kerja atau sesama?  Apakah tugas dan tanggungjawab yang kita emban baik di lingkungan keluarga, di lingkungan kerja serta di masyarakat sungguh telah kita laksanakan secara maksimal? Semoga warta pelita sabda hari ini memacu kita untuk memerankan hidup secara bertanggungjawab sehingga berdayaguna bagi sesama.

Jika ikan itu mina,
bunga adalah kusuma.
Jadikan hidup kita bermakna,
dan berdayaguna untuk sesama.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here